Apartemen minimalis merupakan unit hunian yang banyak diminati. Selain karena nyaman ditempati, apartemen minimalis bisa membuat suasana hunian lebih cantik dan kekinian. Dekorasi apartemen minimalis juga dianggap lebih mudah daripada konsep apartemen lainnya.

Konsep minimalis pada dasarnya adalah desain ruangan dengan mengombinasikan bentuk geometris sederhana yang menciptakan suasana modern. Fokus dekorasi minimalis adalah menekankan pada efisiensi dan kesederhanaan ruangan.

Tahukah Anda? Untuk menghadirkan suasana minimalis, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar lho! Dekorasi apartemen minimalis bisa Anda wujudkan dengan biaya yang terjangkau.

Daftar isi

Tips Mengatur Dekorasi Apartemen Minimalis

Jika Anda tertarik untuk mendekor apartemen Anda dengan konsep minimalis, artikel ini akan membahas tuntas tentang tips dan trik dekorasi apartemen minimalis yang low budget. Simak ya!

1. Pilih Palet Warna Dekorasi

piliha warna untuk dekorasi apartemen minimalis

Tips utama dalam dekorasi apartemen adalah memilih palet warna yang sesuai. Misalnya Anda ingin memiliki apartemen dengan palet warna earth tone. Anda bisa memadukan warna coklat muda, putih, dan coklat tua di dekorasi apartemen. Selain warna earth tone, Anda juga bisa memilih palet warna terang maupun warna pastel.

Untuk menciptakan suasana minimalis, sebaiknya hindari warna-warna mencolok seperti merah, orange, kuning, dan warna mencolok lainnya. Karena desain minimalis sangat lekat dengan warna basic.

2. Sesuaikan Jenis Perabot

memilih jenis perabot

Pemilihan perabot juga akan menentukan tampilan suatu ruangan. Bila Anda ingin menciptakan suasana minimalis, sebaiknya pilihlah perabotan unik yang bentuknya mengadaptasi bangunan geometri atau garis, misalnya bentuk kotak dan lingkaran.

Jangan lupa untuk tetap memilih warna netral dalam membeli perabotan. Perabotan berwarna netral seperti putih dan coklat akan membuat suasana ruangan lebih modern dan minimalis.

3. Gunakan Furnitur Multifungsi

menggunakan furnitur multifungsi untuk dekorasi apartemen minimalis

Ruangan yang efisien merupakan salah satu ciri khas dari dekorasi apartemen minimalis. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan berbagai furnitur multifungsi agar ruangan apartemen lebih fungsional.

Misalnya Anda bisa memilih lemari multifungsi yang dapat memuat berbagai jenis barang. Maksimalkan juga pemanfaatan kolong tempat tidur untuk menyimpan barang yang tidak penting. Anda juga bisa memilih sofa dengan alas kaki yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat bersantai.

4. Terapkan Konsep Open Space pada Ruangan

menerapkan konsep open space

Tips dekorasi minimalis yang mudah terapkan adalah menjadikan ruangan apartemen open space atau tanpa sekat. Hal ini bertujuan agar ruangan apartemen terlihat lebih lega dan fungsional. Untuk menatanya, Anda bisa menjadikan ruang tamu, meja makan serta dapur yang terintegrasi dalam satu ruangan.

Interior open space dapat memberikan kesan lega pada ruangan. Konsep ini sangat cocok untuk apartemen Tipe Studio dan 1 BR. Jika Anda ingin menyewa apartemen dengan konsep open space yang minimalis, Anda bisa memilih Sewa Apartemen Tangerang.

5. Hias Ruangan dengan Tanaman

dekorasi apartemen minimalis dengan tanaman hidup

Untuk menciptakan nuansa segar, jangan lupa menambahkan tanaman sebagai bagian dari dekorasi minimalis. Pilihlah tanaman berukuran kecil yang dapat tumbuh di dalam ruangan. Selain itu, tatalah tanaman dengan rak kayu agar ruangan tetap terlihat rapi.

Ketika memutuskan untuk menanam tanaman di apartemen, jangan lupa juga untuk memilih jenis pot berwarna netral agar kesan minimalis tetap terjaga.

6. Pilih Gorden Polos

pilih gorden polos

Pemilihan warna gorden juga dapat mempengaruhi desain apartemen. Hindari penggunaan gorden dengan warna mencolok. Jangan juga memilih gorden bermotif besar yang tidak selaras dengan warna apartemen.

Sebaiknya, pilihlah gorden polos berwarna cerah seperti putih, cream, coklat muda, atau warna terang lainnya, Gorden polos berwarna terang akan semakin mempercantik suasana ruangan apartemen.

7. Gunakan Ranjang yang Rendah

menggunakan ranjang yang rendah

Konsep minimalis sangat erat kaitannya dengan dekor yang simpel. Ketika memilih ranjang untuk apartemen, usahakan untuk memilih ranjang dengan tinggi yang rendah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dibandingkan ranjang yang tinggi.

Posisi ranjang yang rendah juga bisa membuat istirahat Anda lebih nyaman. Biasanya, banyak model ranjang rendah yang didesain minimalis. Hal ini tentunya akan membuat suasana apartemen lebih nyaman.

8. Tambahkan Hiasan Unik

dekorasi hiasan unik

Tips selanjutnya adalah memasang hiasan unik di apartemen. Pilihlah hiasan seperti bingkai dengan lukisan yang unik agar ruang apartemen lebih estetik. Banyak juga opsi hiasan ruangan lainnya, seperti pigura, anyaman, keramik, dan lainnya.

Namun Anda tidak boleh berlebihan dalam mendekorasi apartemen minimalis. Ingatlah bahwa konsep minimalis adalah konsep yang simpel dan elegan. Maka dari itu, batasi jumlah hiasan yang ada di ruang apartemen.

9. Batasi Jumlah Barang

Dekorasi minimalis sangat erat kaitannya dengan jumlah barang yang terbatas. Sebaiknya, hindari menyimpan terlalu banyak barang di dalam apartemen. Bila perlu, pilah kembali barang yang tidak terpakai agar hunian Anda tidak sesak.

Bila Anda memiliki banyak barang penting, atur penyimpanannya seapik mungkin agar suasana kamar tidak berantakan. Anda juga bisa memanfaatkan lemari atau box untuk menyimpan barag di apartemen.

10. Selalu Jaga Kebersihan Apartemen

Tips dekorasi minimalis terakhir yang harus Anda terapkan adalah tetap menjaga kebersihan apartemen. Buatlah jadwal rutin menyapu, mengepel dan membuang sampah yang ada di apartemen. Karena apartemen akan terlihat cantik dan minimalis jika kebersihannya selalu terjaga.

Jika Anda tidak sempat membersihkan unit, Anda juga bisa memanfaatkan petugas cleaning service untuk membersihkan apartemen Anda. Dengan tinggal di ruangan yang bersih, tentunya akan membuat Anda lebih betah di apartemen.

Penutup

Itulah beberapa tips dekorasi apartemen minimalis yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk sewa apartemen minimalis, kunjungi Jendela360 yang menyediakan ribuan unit apartemen terverifikasi. Segera sewa apartemen impian Anda hanya di Jendela360!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *