Tentunya sudah tidak asing lagi ketika seseorang meragukan garis keturunannya maka tes DNA menjadi jawabannya. Tetapi, manfaat tes DNA tidak hanya untuk hal tersebut saja. Ada banyak hal yang bisa kita cari tahu.

Yang mana DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid sebuah asam nukleat yang memuat berbagai informasi genetik. DNA diturunkan dari orang tua ke anak atau generasi selanjutnya yang mana dapat memiliki kesamaan sifat.

Adapun informasi lengkap mengenai apa saja yang akan didapat dari tes DNA, berapa biaya tes NIPT yang harus Sahabat Senja keluarkan dan bagaimana prosedurnya akan tersaji pada ulasan di bawah. Yuk, kepoin lebih lanjut.

Daftar isi

Manfaat Tes DNA Jarang Orang Ketahui

Uji DNA menjadi jalan untuk mengetahui garis keturunan seorang anak jika salah satu orang tua meragukannya. Akan tetapi, melakukan tes DNA bermanfaat juga untuk mengetahui penyakit genetik, uji forensik dan sebagainya yang akan dibahas pada poin-poin di bawah.

manfaat tes dna cek genetik

1. Cek Penyakit Genetik atau Keturunan

Penyakit Thalasemia, Fibrosis Kistik (gangguan pencernaan, pernapasan, malnutrisi, kemandulan), Sindrom Down, dan Kanker Payudara dapat menurun kepada anak. Sehingga, jika di keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit tersebut maka tes DNA penting untuk dilakukan.

Tes di atas dapat dilakukan sebelum menikah. Untuk mengetahui Sindrom Down pada bayi dalam kandungan dapat melakukan uji prakelahiran.

2. Carrier Testing

Masih berhubungan dengan penyakit genetik atau kelainan tertentu, seseorang dapat melakukan uji DNA berupa carrier testing saat merencanakan ingin memiliki keturunan. Hal ini bertujuan jika ada kondisi yang tidak diinginkan bisa terdeteksi lebih awal dan tidak menurunkan kepada sang anak kelak.

3. Uji Forensik

Di film atau drama bertema kriminalitas uji forensik sudah tidak asing lagi. Bahkan di kehidupan nyata pun Uji Forensik membantu penyelidikan dalam menyelesaikan suatu kasus.

4. Uji Praimplantasi

Program bayi tabung pun tidak lepas dari uji DNA. Bagaimanapun manfaat tes DNA dapat mengetahui penyakit genetik yang dapat orang tua turunkan pada bayi, seperti penyakit sel sabit (fibrosis kistik).

Dari hasil pengujian nanti hanya embrio yang sehat yang akan dipilih. Dengan begitu mengurangi resiko penyakit genetik menurun ke generasi berikutnya.

5. Mengetahui Ciri Fisik Lewat Tes DNA

Melakukan tes DNA bisa juga untuk mencari informasi mengenai ciri fisik dari wajah maupun tubuh. Bahkan dapat mengetahui penyebab seseorang kesulitan menambah berat badan.

6. Cek Profil Genetik Kulit

Sudah tahu kan kalau setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang kulit wajahnya mudah berjerawat, kecenderungan selulit, dan sebagainya. Uji profil genetik kulit dengan tes DNA dapat mengetahui kondisi kelemahan maupun kekuatan alami kulit.

7. Mengetahui Kepribadian/Karakter

Menariknya dengan uji DNA bisa mempelajari kepribadian yang dimiliki oleh diri sendiri. Tes ini berhubungan dengan neurotransmiter yaitu pengujian pada hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin.

DNA yang seperti lemari penyimpanan data dapat menentukan karakter, sifat dan banyak hal tentang kehidupan. Itulah mengapa manfaat tes DNA tidak hanya untuk cek garis keturunan, melainkan tergantung dari tujuan dan fungsinya.

Bagaimana Cara Melakukan Tes DNA?

Jika Sahabat Senja tertarik melakukan tes DNA maka bisa langsung datang ke rumah sakit. Umumnya biaya tes DNA kisaran 7 – 10 juta tergantung kebijakan masing-masing rumah sakit. Bisa juga melakukan tes DNA di laboratorium.

Sahabat Senja, dapat melakukan konsultasi gratis secara online terlebih dahulu di website TANYADNA.ID. Selajutnya akan diarahkan untuk melakukan registrasi, konseling genetika, pengambilan sample, proses lab bioinformatika, dan terakhir profil DNA.

Sedangkan untuk salah satu metode tes menggunakan prosedur Non-Invasive Prenatal Test (NIPT). Metode ini berupa skrining untuk mencari informasi adanya kelainan pada kromosom yang memungkinkan menimbulkan kelainan genetik pada bayi. Bagi Ibu yang sedang hamil bisa nih tes DNA NIPT.

Adanya tes DNA ini bisa menjadikan masa depan lebih baik, terutama dalam hal menghasilkan keturunan yang terbebas dari penyakit genetik. Terlebih tes DNA dapat Sahabat Senja lakukan satu kali dengan hasil untuk seumur hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *