Perlu orang tua ketahui bahwa manfaat asuransi pendidikan akan meringankan beban keuangan di masa mendatang. Mengingat biaya sekolah anak setiap tahunnya terus meningkat, belum masalah inflasi yang membuat pengeluaran semakin meningkat.

Untuk itu dalam melindungi finansial keluarga, tidak hanya asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa yang bisa dimiliki, tetapi penting juga memiliki asuransi untuk pendidikan anak.

Seperti sebuah peribahsa yang sudah tidak asing didengar bahwa sedialah payung sebelum hujan. Pun, dalam menjamin pendidikan anak yang tidak cukup hingga tamat Sekolah Dasar (SD) saja maka biaya sekolah harus orang tua siapkan dari jauh hari.

Akan lebih baik jika menyiapkannya ketika anak masih dalam kandungan. Yang mana pengeluaran belum terlalu tinggi. Berbeda, ketika anak sudah lahir. Harus siapkan dana pengeluaran lebih banyak karena bertambahnya anggota keluarga.

Untuk lebih yakin dalam artikel kali ini aku mau berbagi manfaat asuransi pendidikan yang perlu orang tua pahami. Karena, masih banyak yang abai akan hal ini.

Daftar isi

5 Manfaat Asuransi Pendidikan

manfaat asuransi pendidikan untuk masa depan

Asuransi pendidikan anak adalah polis perlindungan yang memberikan penawaran berupa biaya pendidikan anak sekaligus perlindungan jiwa. yang mana cara kerja asuransi pendidikan sama seperti asuransi pada umumnya dengan membayarkan premi sesuai produk yang dibeli.

Sedangkan guna asuransi pendidikan yang perlu orang tua pahami, yaitu:

1. Menjamin Biaya Pendidikan Anak Lebih Teralokasi

Pengeluaran rumah tangga setiap orang tentunya berbeda, akan tetapi biaya sekolah mungkin saja sama jika bersekolah di tempat yang sama. Untuk itu, orang tua harus memikirkan dengan matang mengenai dana yang harus disiapkan dari jauh hari.

Hal tersebut agar dana lebih teralokasi dengan tepat bahwa uang yang disimpan khusus untuk biaya sekolah anak. Karena, jika tidak dipisahkan kemungkinan besar akan tercampur dan terpakai untuk kebutuhan yang lain.

2. Bisa Sebagai Asuransi Jiwa

Menariknya dari asuransi pendidikan yaitu ketika pemilik polis yang mana di sini adalah orang tua mengalami risiko meninggal dunia. Maka pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan dan dana pendidikan sesuai ketentuan polis yang berlaku.

3. Invstasi Di Masa Depan

Kita semua tahu bahwa inflasi akan terjadi, karena hal ini sudah berlangsung lama. Akan tetapi, banyak kabar beredar bahwa inflasi saat ini bisa lebih cepat antara 5 atau 10 tahun lagi.

Ketika inflasi terjadi, maka biaya kehidupan sehari-hari pun meningkat. Dengan begitu mau tidak mau orang tua harus meningkatkan penghasilan rumah tangga agar bisa bertahan dan menghindari laju roller coster ekonomi yang tidak menentu.

Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan berinvestasi. Investasi tidak hanya soal saham, akan tetapi asuransi pendidikan pun merupakan investasi untuk menjamin masa depan anak lebih baik.

4. Lebih Hemat dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Hidup berumah tangga tidak hanya memikirkan diri sendiri saja, melainkan ada anggota lain yang memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga, pengeluaran rumah tangga pun harus diperhitungkan dengan matang.

Dengan mengalokasikan dana secara tepat maka akan menghindari pengeluaran yang tidak penting dan bisa menghindari gaya hidup boros. Jika tidak dialokasikan dengan baik maka akan sulit untuk menyiapkan dana pendidikan anak hingga ke jenjang lebih tinggi.

Perlu digaris bawahi bahwa semakin tinggi pendidikan anak bukan sebagai ajang pamer, melainkan untuk memberikan masa depan anak yang lebih layak. Mudah mencari penghasilan dan menjadikan anak yang bermanfaat bagi keluarga maupun orang disekitarnya. Karena, sekolah tidak sekedar mengejar nilai melainkan banyak pelajaran penting budi pekerti dan menjadikan pribadi yang lebih dewasa dalam berbagai hal.

5. Memberikan Rasa Nyaman

Dengan menyiapkan biaya asuransi pendidikan lebih awal akan memberikan rasa aman ketika ekonomi tidak menentu. Hal ini karena, sudah ada yang menjamin masa depan anak.

Terlebih jika keuangan keluarga harus terhenti karena kepala kleuarga meninggal dunia. Yang mana anggota keluarga lain bisa fokus untuk membiaya kehidupan sehari-hari.

Yuk, buat orang tua siapkan asuransi pendidikan terbaik sekarang juga. Jangan menunggu anak dewasa baru sibuk mencari biaya sekolah. Tidak apa-apa bersakit-sakit dahulu, tetapi hidup nyaman di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *