Di rumah ada pakaian atau handuk yang berbahan dasar kain babyterry, tapi warna cepat memudar dan cepat rusak? Pastikan mencuci kain satu ini dengan tepat dan benar, ya.

Apalagi buat Sahabat Senja yang punya bayi pastinya kain babyterry akan lebih banyak digunakan. Seperti yang diketahui bahwa kulit bayi lebih sensitif terhadap lingkungan.

Termasuk pakaian dan perlengkapan mandi seperti handuk yang digunakan. Untuk itu, sebagai orang tua harus lebih teliti dalam memilih jenis kain atau bahannya.

Salah satu kain yang cocok untuk handuk, sweater maupun jaket si kecil yaitu yang menggunakan kain babyterry. Yang mana kain ini terbuat dari 100% katun, walau begitu tidak jarang juga akan menemukan produk yang 80% katun dan sebagian jenis lain.

Terpenting tekstur kain lembut dan nyaman saat dikenakan oleh si kecil. Selain itu kelebihan dari babyterry mampu menyerap keringat dengan baik.

Baca Juga: Persiapan Masuk Sekolah Tahun Ajaran Baru

Daftar isi

Cara Mencuci Kain Babyterry yang Tepat

tips mencuci kain babyterry

Kain babyterry yang memiliki tekstur yang lembut dengan pola looped texture, sehingga saat mencucinya tidak bisa sembarangan, lho. Ditakutkan akan merusak serat kain dan warna pun bisa cepat memduar.

Tentunya pakaian yang awet dan bisa tahan lama akan membuat kita bisa lebih menghemat, lemari tidak penuh dengan pakaian yang tidak bisa terpakai lagi dan pastinya jika pakaian tersebut merupakan pakaian favorit tidak akan merasa sedih karena terjadi kerusakan.

Oleh sebab itu, agar pakaian atau kain babyterry terawat dengan baik, berikut ini langkah-langkah dalam mencuci kain babyterry yang tepat.

1. Tidak Lama Merendam Kain

Merendam pakaian menjadi rutinitas sebelum membilasnya untuk menghilangkan kotoran dan bau apek yang menempel. Namun untuk kain babyterry cukup rendam sebentar saja, maksimal 10 menit agar warna tidak memudar.

2. Gunakan Air Dingin untuk Mencuci

Kain babyterry umumnya mudah berbulu dan mudah mengerut. Untuk itu gunakan air dingin atau air biasa saat mencucinya. Tidak disarankan mencuci dengan air panas atau hangat.

3. Cuci Terpisah dengan Bahan Lain

Saat mencuci kain berbahan babyterry sebaiknya pisahkan dengan pakaian lain. Akan lebih baik juga tidak mencampur pakaian putih dengan berwarna. Hal ini untuk menghindari pakaian terkena luntur dari jenis bahan lain.

4. Cukup Bilas Tanpa Disikat

Tidak semua jenis kain bisa di sikat. Salah satunya kain babyterry yang mudah berbulu. Jika takut tidak bersih dengan membilasnya saja maka bisa menggunakan detergen penghilang noda.

Selain itu, untuk mencuci pakaian hindari penggunaan mesin cuci, melainkan bilas atau kucek dengan tangan. Karena, menghilangkan kotoran tidak terlalu sulit jika menggunakan detergen yang tepat.

5. Gantung dengan Hanger

Pakaian dengan jenis kain babyterry lebih baik digantung dibandingkan dilipat. Untuk itu, saat menjemur atau menyimpan pakaian alangkah baiknya gantung di hanger agar kualitas kain tetap awet.

6. Jemur di Tempat Teduh

Terik matahari yang berlebih tidak baik untuk kain babyterry karena akan mudah rusak. Sehingga, saat menjemur jenis kain ini cukup di ruangan yang teduh tanpa terpapar langsung sinar matahari.

7. Menyetrika dengan Suhu Sedang

Setrika pakaian dengan suhu tinggi membuat pakaian menjadi lebih rapi dan tidak kusut lagi, namun tidak untuk babyterry karena akan merusak serat kain. Walau sebetulnya tanpa disetrika pun kain babyterry tidak mudah kusut jika tetap ingin menyetrikanya gunakanlah suhu sedang.

Mudah sekali bukan mencuci kain babyterry? Dengan mencuci yang tepat maka kain akan awet dan tahan lama. Untuk itu selalu perhatikan dengan benar cara mencuci, menjemur, hingga menyimpan pakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *