Pepatah mengatakan bahwa tidak kenal maka tidak sayang. Ketika Anda tidak mengenal, maka perasaan yang ada pada sesuatu akan cenderung abai, berbeda apabila sudah mengenal maka akan merasa lebih mudah bersimpati. Anda bisa memupuk rasa simpati tersebut dengan mencari tahu sesuatu yang akan menggerakkan untuk melakukan sesuatu, utamanya memberikan bantuan yang mereka butuhkan.

Seperti contohnya yang harus Anda kenali adalah masyarakat yang ada di daerah tertinggal seperti di Indonesia bagian Timur yaitu Papua. Masyarakat utamanya anak papua merupakan saudara setanah air tetapi mempunyai kehidupan dengan kesenjangan yang tampak nyata.

Seperti misalnya banyak cerita yang sudah pastinya Anda dengar mengenai sarana dan prasarana yang masih sangat kurang di daerah tersebut. Sehingga membuat masyarakatnya tidak bisa merasakan dan menikmati kemudahan yang ada di daerah lainnya.

Mengenal Lebih Dekat Anak Papua

Masyarakat Papua merupakan saudara setanah air yang mempunyai kehidupan, kebudayaan, dan berbagai ciri khas yang bisa Anda kenali seperti berikut ini:

  • Ciri khas suku Asmat mempunyai nama tenar dalam bidang ukiran dan pahatan yang sudah go internasional. Orang Asmat mempunyai makanan utama dari sagu, mempunyai kepercayaan Fumeripits yaitu percaya pada Sang Pencipta, dan bisa Anda temukan hidup di pedalaman hutan Jayawijaya hingga di pesisir Papua seperti di dekat pantai Arafuru.
  • Suku Dani merupakan salah satu suku terbesar yang ada di daerah Papua dengan rumah adat yang mempunyai nama Honai. Suku ini dikenal dengan tradisi memotong jari tangan ketika ada anggota keluarga dekat yang meninggal dunia sebagai ungkapan duka cita.
  • Suku Korowai merupakan suku yang tinggal di rumah hutan dan terkenal dengan praktik kanibalisme.
  • Suku Muyu merupakan orang-orang yang berada di dekat sungai Muyu di Timur Laut Merauke.
  • Suku Amunge merupakan suku tua yang ada di Papua dan mempunyai ikatan kuat dengan alam di sekitarnya.

Setelah mengenal suku dan kehidupan yang ada di Papua, maka Anda bisa lebih peduli dengan daerah tersebut. Salah satu bentuk kepedulian tersebut bisa Anda tunjukkan dengan memberikan donasi secara resmi dengan program dari Wahana Visi Indonesia dan juga Chosen untuk bisa menjadi sponsor anak dari Papua dan daerah tertinggal lainnya untuk bisa mempunyai masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *