Banyak hal yang perlu dipelajari orang tua baru saat memiliki buah hati masih bayi. Salah satunya dalam menjaga kesehatan kulit bayi agar tidak terkena penyakit sekecil apapun.

Iritasi kulit seperti ruam popok adalah salah satu masalah kesehatan yang sering sekali menyerang bayi di bawah 2 tahun. Walaupun terbilang ringan dan bisa sembuh sendiri kadang orang tua menjadi khawatir akan kondisi kulitnya sehingga pertolongan pertama yaitu memberikan salep anti ruam.

Berbicara mengenai salep ruam popok, maka Anda pasti sering mendengar nama dekspanthenol sebagai salah satu bahan aktifnya.

Apa itu dekspanthenol?

Sebenarnya, dekspanthenol merupakan nama lain dari pro vitamin B5 sebagai bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit bayi untuk membantu menjaga kesehatan dan kelembabannya. Biasanya, dekspanthenol dikombinasikan dengan bahan lain seperti lanolin untuk memberikan efek yang lebih ampuh terutama pada salep ruam.

Menariknya, dekspanthenol diketahui memiliki banyak manfaat, lho. coba simak informasinya berikut ini.

Daftar isi

Mengenal Dekspanthenol

Dekspanthenol adalah kelompok vitamin B kompleks yang secara umum dibutuhkan oleh tubuh agar metabolismenya berjalan dengan baik. Khusus untuk dekspanthenol, fungsinya untuk tubuh lebih spesifik yaitu membantu pembentukan sel darah merah dan juga membantu memelihara kesehatan kulit jika digunakan secara topikal atau langsung mengenai kulit.

Misalnya melalui salep, bedak dan produk skincare lainnya. Dan karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka dekspanthenol harus didapatkan baik dari makanan atau sumber lainnya.

Dekspanthenol umum digunakan pada produk perawatan kulit bayi karena manfaat utamanya adalah sebagai agen pelembab alami. Yang mana bukan hanya mengembalikan namun ikut menjaga tingkat hidrasi kulit.

Itulah sebabnya, bahan alami ini juga sering ditemukan pada produk perawatan kulit orang dewasa. Mengingat bahwa dekspanthenol masuk dalam kategori vitamin, itu artinya penggunaan zat ini sangat minim resiko atau efek samping sehingga aman bahkan bagi kulit rentan seperti bayi.

Dalam penggunaannya sebagai komposisi salep ruam, dengan penggunaan teratur kandungan dekspanthenol dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit sehingga ruam dan kulit kering dapat sembuh lebih cepat. Bukan hanya itu saja, ternyata dekspanthenol juga bersifat anti inflamasi yang mampu menenangkan kulit kemerahan akibat peradangan atau iritasi.

Dekspanthenol Untuk Kesehatan Kulit Bayi

dekspantehnol untuk melembapkan kesehatan kulit bayi

Pada umumnya tubuh memerlukan vitamin B kompleks sebagai metabolisme agar dapat berjalan dengan normal. Akan tetapi, khusus vitamin B5, terdapat sejumlah khasiat yang memiliki kaitan erat dengan kesehatan kulit, termasuk kondisi kulit bayi yang cenderung sensitif.

Berikut ini beberapa manfaat vitamin B5 untuk kulit terbaik si Kecil dan ibu.

1. Bersifat antiinflamasi

Ruam popok merupakan masalah kesehatan kulit yang sangat umum terjadi pada bayi. Kendati biasanya dalam level ringan yang bahkan bisa pulih dengan sendirinya. Namun iritasi kulit ini bikin buah hati tidak nyaman karena rasa gatal dan perih yang dialaminya.

Nah, dekspanthenol ini punya kandungan sebagai antiinflamasi atau antiperadangan. Yang mana dapat membantu meredakan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada bayi akibat gatal dan perih tadi.

Dengan pemakaian teratur, kulit bayi yang kemerahan akan berangsur mereda begitu pula dengan gatal dan perih yang ikut menghilang. Umumnya, kemerahan pada kulit bayi akan mereda setelah 2 atau 3 hari pemakaian salep dekspanthenol tergantung dari tingkat keparahannya.

2. Merangsang pembentukan kolagen

Kolagen adalah jenis protein yang berfungsi menjaga keremajaan kulit, termasuk mempertahankan kekenyalan dan elastisitasnya. Penggunaan produk dengan kandungan dekspanthenol dapat membantu memperbanyak produksi kolagen.

Dengan pemakaian teratur, kulit terasa lebih lembut dan kenyal seperti kulit bayi. Dalam konteks mengatasi iritasi kulit si Kecil, kolagen punya peran untuk membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga lecet dan ruam akibat gesekan dengan popok Dengan bantuan kolagen, lebih cepat sembuh.

3. Membantu menjaga kelembaban kulit

Kulit bayi berpotensi mengalami kekeringan yang diakibatkan oleh iritasi hingga dehidrasi karena memang masih sangat rentan terhadap perubahan suhu di sekitarnya. Walaupun sudah diberikan cairan yang cukup setiap harinya, bukan tidak mungkin bayi masih mengalami kulit kering terutama saat ruam popok terjadi. Maka dari itu, dekspanthenol diperlukan agar kelembaban kulitnya lebih terjaga.

Perlu diketahui, dekspanthenol memiliki sifat humektan yaitu mampu mengikat air dan menguncinya di dalam sel kulit sehingga senantiasa terhidrasi dengan baik. Dengan begini, bagian ruam yang mengering dan bersisik dapat menjadi lebih halus dan lembab sehingga rasa gatal dan perih yang dirasakan buah hati akan perlahan berkurang.

Dekspanthenol pada salep ruam memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan kulit bayi. Dengan dibarengi bahan aktif alami lainnya seperti lanolin, kulit bayi yang mengalami ruam popok akan lebih cepat membaik karena kelembabannya lebih terjaga dan kemerahan yang nampak cepat menghilang.

Selalu sediakan salep ruam dengan kedua bahan tersebut di rumah, ya. Karena kan bermanfaat sebagai pertolongan pertama jika ada masalah ruam pada kulit bayi.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/

https://www.rxlist.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *