Apakah menabung masih menjadi rekomendasi di balik berbagai manfaat yang dimilikinya? Apakah bunga tabungan masih menjadi salah satu alasan banyak orang memiliki tabungan di bank?

Menabung pada dasarnya merupakan suatu aktivitas menyisihkan sebagian pendapatan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik itu keperluan mendesak maupun tidak.

Secara umum, menabung identik dengan menempatkan dana simpanan di rekening bank. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat buka rekening melalui perbankan menawarkan berbagai manfaat.

Diantara manfaat tersebut meliputi jaminan keamanan hingga bunga bank yang ditawarkan. Berbicara mengenai suku bunga, masing-masing bank memiliki kebijakannya masing-masing. Begitu pula mengenai cara perhitungannya.

Jenis-Jenis Bunga Tabungan

Menabung di bank, memungkinkan nasabah akan mendapatkan penawaran atas suku bunga. Bunga dibayarkan bank kepada para nasabah sebagai timbal balik atas dana simpanan yang mereka percayakan pada perusahaan tersebut.

Bunga ini bisa bank berikan dalam jangka waktu tertentu sesuai kebijakannya. Ada yang diberikan per bulan maupun per tahun sebagai keuntungan nasabah. Untuk jumlahnya sendiri, setiap bank menawarkan persentase bunga yang berbeda-beda.

Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank, di mana kehadirannya akan menambahkan suatu nilai dari dana simpanan nasabah. Bunga bank ini dibagi menjadi 2 yakni bunga tunggal dan juga bunga gabungan. Berikut penjelasannya.

1. Bunga Majemuk

Prinsip dari bunga majemuk, yakni keuntungan diberikan bank berdasarkan modal awal dan akumulasi dari bunga bank periode sebelumnya. Dengan demikian, maka besar bunga di setiap periode tidaklah sama.

Secara garis besar, bunga majemuk ini merupakan bunga yang perhitungan berdasarkan pokok awal. Ditambah lagi perhitungan juga mencakup semua bunga akumulasi dari deposito maupun pinjaman pada periode sebelumnya.

2. Bunga Tunggal

Bunga tunggal merupakan bunga yang bank berikan berdasarkan perhitungan modal awal atau pokok. Dengan demikian, maka besar bunga dari awal hingga akhir periode jumlahnya adalah sama.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Barang Antik

Cara dan Contoh Perhitungan Bunga Tabungan

Secara umum, keuntungan yang nasabah dapatkan melalui bunga bank tidaklah besar. Akan tetapi jika Anda menabung dalam jangka waktu yang cukup lama dan jumlah tabungan juga semakin besar, maka bunga simpanan Anda juga cukup besar.

Lantas bagaimana cara menghitungnya? Di bawah ini ada cara beserta contohnya.

1. Menghitung Bunga Berdasarkan Saldo Terendah

Untuk menghitung bunga berdasarkan saldo terendah, kita ambil contoh jika di bulan Februari Tia beberapa kali melakukan transaksi setoran maupun pengambilan dana. Saldo tertinggi miliknya sebesar Rp60 juta dan saldo terendah yaitu Rp20 juta dengan bunga 1,5%.

Rumus = Saldo paling rendah x(Suku bunga x jumlah hari dalam 1 bulan) /365 Hari

Cara menghitung = Rp20.000.000 x (1,5%x28) /365 = Rp23.013

Jadi bunga tabungannya yang terendah adalah Rp23.013.

2. Menghitung Bunga Berdasarkan Saldo Rata-Rata

Cara hitung bunga tabungan sesuai saldo rata-rata, bisa menggunakan contoh ini. Semisal di bulan Februari Tia beberapa kali menabung, yakni Rp20 juta di tanggal 1 Februari 2022, Rp10 juta di tanggal 10 Februari 2022, dan Rp60 juta di tanggal 15 Februari 2022.

Rumus saldo total = Saldo yang masuk x jarak hari = (20 juta x 1) + (10 juta x 9) + (60 juta x 5) = 20 juta + 90 juta + 300 juta = Rp410 juta

Saldo rata-rata =Rp410 juta/28 hari = Rp14.642.857

Bunga = Saldo rata-rata x (Suku bunga x Jumlah hari dalam 1 bulan) /365 Hari = 14.642.857 x (1,5% x 28) /365 = Rp16.849

Jadi, bunga Tia berdasarkan saldo rata-rata adalah Rp16.849.

3. Menghitung Bunga Berdasarkan Saldo Harian

Untuk menghitung bunga per bulan berdasarkan saldo harian, Anda bisa menggunakan data pada nomor 2.

Rumus bunga = Saldo per hari x persentase bunga x jarak hari /365

Rp20 juta x 1,5% x 1 /365 = Rp821

Rp10 juta x 1,5% x 9 /365 = Rp3.698

Rp60 juta x 1,5% x 5 /365 = Rp12.328

Total bunga Tia berdasarkan perhitungan bunga menggunakan saldo harian adalah Rp821 + Rp3.698 + Rp12.328 = Rp16.847.

Menabung Mudah dan Praktis Bersama digibank by DBS

jenis jenis bunga tabungan

Sekarang, Anda bisa menjadi nasabah dari digibank by DBS dengan berbagai kemudahan. Menabung di sini menawarkan berbagai keuntungan, seperti halnya pada poin-poin di bawah ini.

1. Buka Rekening Mudah dan Praktis

Membuka rekening atau tabungan sangat mudah dan praktis menggunakan layanan perbankan ini. Prosesnya tanpa Anda harus pergi ke Bank, karena semua bisa dilakukan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Selain itu, Anda pun juga tidak perlu lagi untuk mengisi berbagai dokumen rumit yang jumlahnya hingga berlembar-lembar. Semuanya bisa dilakukan cukup pada perangkat pintar Anda kapan saja dan di mana saja.

2. Verifikasi Cukup Mudah

Sekarang, telah hadir fitur face biometric dari digibank by DBS. Fitur yang satu ini sangat memudahkan nasabah yang menggunakan layanan perusahaan perbankan ini.

Seperti pembahasan sebelumnya, proses membuka rekening bisa dilakukan secara online via aplikasi. Sementara untuk proses selanjutnya, yakni verifikasi di mana Anda hanya perlu menyiapkan e-KTP. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan mengisi biodata.

Jadi, sekarang Anda dapat menyelesaikannya melalui proses verifikasi wajah melalui kamera depan handphone Anda. Mudah bukan?.

3. Transfer dan Tarik Tunai Gratis

Menjadi nasabah dari digibank, memungkinkan Anda bisa melakukan kegiatan transfer secara gratis ke mana saja. Tersedia pula layanan tarik tunai untuk Anda yang ingin menarik dana dengan lebih mudah dan cepat.

Baik kegiatan transfer maupun tarik dana melalui digibank, semuanya dijamin bebas biaya. Anda tidak akan dikenakan potongan maupun biaya admin, dengan transaksi melalui semua ATM.

Adapun syaratnya adalah nasabah memiliki saldo rata-rata minimal Rp1 juta per bulannya. Memiliki tabungan di sini, tentu saja dijamin memberikan banyak keuntungan dan manfaat.

Mulai dari keamanan, laporan transaksi jelas, hingga bunga tabungan yang juga bisa nasabah dapatkan. Tunggu apa lagi? Manfaatkan berbagai keuntungan menabung secara online dengan buka rekening di digibank by DBS!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.