Berpikir itu sesuatu yang lumrah bagi manusia, tetapi ketika mengalami overthinking maka harus segera mengatasi dengan cara yang tepat. Karena, pada hakikatnya Tuhan memberikan kelebihan kepada manusia berupa akal dan pikiran.

Overthinking adalah pikiran yang berlebihan. Yang mana akan membuat hidup menjadi tidak tenang, tidak dapat fokus, dan menimbulkan rasa takut yang belum terjadi.

Oleh sebab itu, penting untuk mengatasi overthinking dengan tepat. Agar kehidupan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Jalan Menuju Kebahagiaan Ala Filsuf Seneca

Cara Mengatasi Overthinking Menurut Islam dan Psikolog

Apakah Sahabat Senja pernah overthinking terhadap sebuah rencana yang akan dilakukan?

Bagaimana kalau nanti begini? Bagaimana kalau semuanya kacau? Dan pikiran-pikiran negatif lainnya yang akhirnya membuat kita terjebak pada rasa khawatir. Buruknya malah takut untuk melangkah.

Habib Husein Jafar menjelaskan bahwa berpikir itu sesuatu yang baik dan wajib. Tetapi, hanya pada batas tertentu tanpa berlebihan. Karena, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Pun, dalam kacamata psikolog menurut Widyaningrum bahwa ada beberapa jenis overthinking. Karena termasuk dalam gangguan psikologis yang berbahaya.

Adapun cara mengatasi overthinking yang tepat, yaitu:

1. Memperbaiki Niat

Dalam islam segala sesuatu itu harus dimulai dengan niat baik. Agar kedepannya hanya ada kebaikan. Karena, dalam prosesnya melibatkan Allah sang Maha Pencipta.

2. Mengerjakan Semampunya

mengatasi overthinking menurut islam

Apa pun yang dikerjakan harus sesuai kemampuan diri sendiri. Jangan sampai orang lain menjadi tolak ukur, sehingga memaksakan diri. Pada dasarnya setiap orang harus mengukur segala hal pada dirinya sendiri untuk mencapai sukses.

3. Hilangkan Kata Seharusnya

Masih menyambung pada poin kedua, bahwa kita harus bisa menghilangkan penggunaan seharusnya. Karena, setiap usaha harus disesuaikan dengan kemampuan dari diri sendiri.

Ketika terus memikirkan kata seharusnya. Seperti, seharusnya aku memilih ini, seharusnya aku begitu, yang mana hal tersebut pada akhirnya akan membuat kita terjebak pada overthinking.

4. Lakukan Secara Bertahap

Tidak mengejar kecepatan tetapi ketepatan, sehingga lakukan segalanya secara bertahap. Dalam islam disebut juga sebagai istiqamah.

5. Ikhtiar dan Tawakal

Setiap orang dianjurkan untuk berpikir secara ikhtiar, lalu diakhiri dengan tawakal. Yang mana pada konsepnya ikhtiar dan tawakal akan menjauhkan dari overthinking. Perlu digaris bawahi juga kalau ikhtiar dan tawakal bukanlah pasrah.

Pembahasan mengenai overthinking antara Habib Husein Jafar dan Mba Wdiyaningrum ini sangat menarik. Karena, bisa paham cara mengatasi overthinking secara agama dan psikolog.

Masih ada pembahasan lain yang tidak kalah menariknya di akun Youtube IndiHome. Jadi, buat Sahabat Senja bisa nonton mendapatkan ilmu baru untuk menjadikan hidup lebih baik lagi.

Kuota Tanpa Batas dari IndiHome

Telkom Indonesia melalui layanan internet rumah IndiHome menawarkan kecepatan akses tanpa batas. Untuk kecepatan akses internet mencapai 300 Mbps. Selain internet, tersedia juga layanan TV Interaktif dan Telepon.

IndiHome yang merupakan internetnya Indonesia menawarkan layanan yang cukup beragam lewat Add-on. Ada WiFi Seamless untuk akses internet secara otomatis di seluruh wilayah di Indonesia, Upgrade Speed kecepatan internet, hingga Minipack IndiHome TV.

Mendapatkan layanan Add-on sangat mudah dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai pengguna. Misalnya ketika ingin upgrade speed secara permanen menjadi 50 Mbps maka Anda cukup login melalui web IndiHome dan pilih halaman upgrade speed.

Sekarang makin asyik saja nih, buat nonton berbagai video di Youtube IndiHome maupun channel lainnya, Manfaat Internet memang sangat besar untuk kehidupan manusia. Terlebih di era teknologi seperti sekarang segala aktivitas banyak dilakukan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.