Mengatasi rambut rontok bisa dengan melakukan beberapa cara perawatan. Baik secara alami maupun dengan menggunakan tonik khusus agar rambut tampil lebih mengembang dan penuh.

Yang mana rambut rontok seringkali membuat rasa percaya diri berkurang dan membuat tidak nyaman ketika ada rambut yang jatuh menempel di pakaian. Walau, pada dasarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar-wajar saja, Sahabat Senja.

Secara normal setiap harinya rambut akan mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai. Penyebab rantuk rontok bisa diakibatkan dari penggunaan shampo yang tidak tepat, polusi udara, paparan sinar UV, debu, dan asap.

Hal tersebut jika dibiarkan akan mengalami kerontokan berlebih. Bisa juga untuk kerontokan yang tidak normal karena adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Selain itu, rambut rontok berlebih bisa terjadi setelah menjalani kemoterapi.

Apa pun penyebabnya, rambut rontok tetap membuat tidak nyaman. Sehingga, permasalahan rambut rontok menjadi polemik tersendiri bagi sahabat perempuan dimanapun berada.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

hair tonik sebagai cara mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Bisa juga dengan menggunakan tonik khusus dan mengubah kebiasaan seperti mengeringkan rambut dengan hair dryer.

Untuk lebih jelasnya berikut ini cara mengatasi rambut rontok yang bisa Sahabat Senja lakukan.

1. Menggunakan Tonik Rambut

Tonik rambut rontok bisa Sahabat Senja gunakan ketika mengalami kerontokan yang cukup parah. Fungsi dari hair tonic untuk menambah nutrisi pada akar rambut untuk menghindari kerontokan, penipisan rambut dan kebotakan.

2. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sering digunakan sebagai salah satu bahan shampo yang tidak hanya dapat melembutkan rambut, tetapi dapat mengatasi rambut rontok parah secara alami.

Hal tersebut karena kandungan pada lidah buaya, seperti vitamin A, vitamin D, zat besi dan protein mampu memberikan perlindungan pada kulit kepala agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cara aplikasi lidah buaya cukup mudah yaitu dengan ambil gel lidah buaya, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama lima menit dan bilaslah menggunakan air hangat.

Lakukan perawatan dengan lidah buaya secara rutin untuk hasil yang maksimal dalam mengurangi kerontokan. Sehingga, Sahabat Senja tidak pusing lagi dengan masalah rambut rontok.

3. Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai cara mengatasi rambut rontok berlebih pada wanita. Manfaat dari minyak zaitun dapat mengurangi kerontokan karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, kalsium dan zat besi.

Cara menggunakannya dengan oleskan minyak zaitun ke kulit kepala secara merata dan pijat lembut. Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas dengan shampo.

4. Minyak Kelapa

Berdasarkan sebuah penelitian oleh Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research bahwa minyak kelapa dapat menebalkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan begitu, ketika mengalami kerontokan bisa menggunakan minyak kelapa.

5. Hindari Pemakaian Hair Dryer dan Catokan

Saat mengalami kerontokan rambut hentikan penggunaan hair dryer dan catokan karena suhu panas yang ditimbulkan membuat rambut menjadi tipis. Sehingga, biarkan rambut kering secara alami agar tidak mengalami kerontokan yang semakin parah.

6. Lakukan Keramas Secara Benar

Pada umumnya setelah keramas dan menyisir rambut akan terlihat rambut yang rontok. Akan tetapi, jika melakukan keramas dengan benar rambut rontok bisa terhindari.

Keramas secara benar yaitu menggunakan shampo yang memiliki kandungan kombo dalam mengatasi rambut rontok. Lalu, pijat kepala ketika keramas agar peredaran darah bisa menghasilkan oksigen lebih banyak dan protein sehingga folikel meningkat.

Dengan begitu folikel rambut mampu memperbaiki sel yang rusak dan membuat pertumbuhan rambut semakin baik. Selain itu, memijat kepala juga mampu memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

Cara mengatasi rambut rontok ternyata cukup mudah ya, Sahabat Senja. Bahkan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah pun bisa terbebas dari kerontokan yang membuat tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.