Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, sehingga perlu untuk menjaga kesehatan jantung dengan baik. Yang mana, ketika jantung bermasalah dapat menyebabkan kematian.

Menurut Badan Organisasi Kesehatan WHO bahwa penyakit jantung salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, bahkan di Indonesia. Tragisnya penyakit jantung tidak hanya diderita oleh lansia, akan tetapi bisa menyerang anak-anak.

Faktor Munculnya Penyakit Jantung

Jantung termasuk organ tubuh yang cukup vital. Fungsi dari jantung yaitu sebagai sistem peredaran darah. Sedangkan, cara jantung bekerja dengan mempompa darah yang disalurkan ke seluruh tubuh.

Darah yang dipompa oleh jantung akan membawa oksigen dan nutrisi penting untuk organ, sel, dan jaringan agar bekerja dengan normal. Dengan begitu, ketika fungsi jantung tidak berjalan dengan baik maka akan menimbulkan penyakit jantung yang berbahaya.

Penyebab terjadinya penyakit jantung tergantung dari jenis gangguan yang dialami. Seperti jantung koroner karena tersumbatnya atau penyempitan pembuluh darah di jantung. Ada juga penyakit jantung bawaan karena faktor risiko yang diturunkan.

Selain itu, penyakit jantung bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat dengan jarang olahraga, konsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, dan minum-minuman keras. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan gaya hidup dan pola makan agar kesehatan jantung terjaga dengan baik.

Baca Juga: Jalan Menuju Kebahagiaan Ala Filsuf Seneca dengan STOA

Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Baik

menjaga kesehatan jantung dengan konsumsi makanan sehat

Diantara kita masih banyak yang abai dalam menjaga kesehatan jantung. Khususnya dalam konsumsi makanan yang sehat. Padahal jantung memiliki peran penting agar semua organ dalam tubuh bekerja secara normal.

Mengerikannya, walau tidak menular penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu. Jadi, menjaga kesehatan jantung satu-satunya cara agar bisa berumur panjang.

Adapun hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan dengan lemak tinggi atau lemak trans dan perbanyaklah makan buah dan sayur. Karena, makanan yang mengandung lemak trans akan menyebakan kadar kolestrol jahat jadi meningkat yang menyebabkan aliran darah tersumbat.

2. Rajin Olahraga

Olahraga rutin akan membuat kondisi fisik menjadi lebih sehat dan bugar. Bahkan dengan berolahraga dan adanya aktivitas fisik dapat menurunkan tekanan darah, terhindar dari obesitas, serta meningkatnya kolestrol baik.

Untuk olahraga tidak harus dengan aktivitas fisik yang berat dan sulit. Kita bisa melakukan lari santai, senam, berenang, atau bersepeda.

3. Jaga Pola Tidur

Penting untuk menjaga kualitas tidur dengan baik. Jangan pernah membalik waktu tidur. Misalnya siang untuk tidur, melainkan malam untuk bekerja. Hal tersebut tentu saja tidak baik, karena malam hari adalah waktunya badan untuk beristirahat.

Menjaga pola tidur juga dengan menghindari begadang yang berlebihan. Jika tidak segera mengatur waktu tidur maka kemungkinan besar menderita penyakit jantung.

4. Kelola Stres dengan Baik

Hadirnya stres adalah gejala alami atas respon tubuh terhadap hal-hal yang berbahaya. Akan tetapi, ketika stres tidak kita kelola dengan baik maka berbagai penyakit akan bermunculan. Salah satunya penyakit jantung ini.

Untuk itu, penting dalam mengelola stres agar tidak semakin parah, sehingga aktivitas dan kondisi kesehatan tubuh terganggu. Karena, stres berlebih akan mengganggu kesehatan fisik dan mental.

5. Hindari Konsumsi Alkohol dan Merokok

Alkohol dan rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pun, asap rokok yang berbahaya bagi yang menghirupnya. Agar kesehatan jantung terjaga dengan baik maka hindari minuman alkohol dan tidak merokok.

6. Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama dapat memicu munculnya penyakit jantung, lho. Walau pekerjaan setiap harinya lebih banyak duduk karena harus menghadap komputer, tetapi sempatkan untuk berdiri dan melakukan gerakan fisik seperti berjalan di koridor atau naik-turun tangga.

7. Rutin Menjaga Kesehatan Gigi

Dalam mulut kita banyak bersarang bakteri dan kuman, sehingga tidak heran jika diajurkan untuk menggosok gigi sehari dua kali dan membersihkan gigi dengan benang gigi. Hal ini bertujuan, agar saat gusi sakit atau ada penyakit di mulut tidak membahayakan jantung.

Sahabat Senja, yuk mulai saat ini selalu menjaga kesehatan jantung dengan menjaga gaya hidup yang lebih sehat. Karena, jantung organ tubuh vital yang memiliki peran penting dalam menjaga organ tubuh lainnya bekerja normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.