Kebanyakan ibu rumah tangga (IRT) berperan sekaligus sebagai pengatur keuangan keluarga. Tentu dibutuhkan kecermatan dalam menyikapi harga beragam kebutuhan yang melambung tinggi agar bisa berinvestasi di aplikasi investasi terbaik dan mencapai financial freedom.

Nah, simak yuk berbagai strategi mengatur keuangan keluarga yang bisa langsung dipraktekkan oleh ibu rumah tangga. Simak juga pemaparan mengenai rekomendasi aplikasi investasi selengkapnya di bawah ini.

Cara IRT Mengatur Strategi Berinvestasi di Aplikasi Investasi Terbaik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak ibu rumah tangga yang memiliki tugas sebagai bendahara keluarga. Melalui penghitungan yang cermat, tak hanya kebutuhan yang terpenuhi bahkan mereka bisa menyisakan uang.Ingin tahu strategi mengaturnya, berikut beberapa diantaranya:

1. Rajin Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui arus keuangan keluarga, apakah surplus atau sebaliknya. Dengan memiliki catatan arus keuangan setiap harinya, Anda dapat mengetahui jumlah uang yang harus dimiliki untuk memenuhi kebutuhan, apa saja yang harus ditunda dan berbagai strategi keuangan lainnya.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Anda wajib melakukan hal ini agar uang yang dimiliki tidak cepat habis sehingga Anda terhindar dari risiko berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu trik agar semua kebutuhan utama terpenuhi ialah dengan langsung memisahkan uang belanja berdasarkan pos-posnya.

Jangan sampai pos kebutuhan utama seperti membayar sekolah tidak ada karena Anda tidak memisahkannya sejak awal sehingga terpakai saat berbelanja bulanan.

3. Cermat Saat Belanja

Belanja hanya membeli sesuai daftar belanjaan dan tidak tergoda untuk membeli produk yang sebenarnya tidak ada dalam daftar meskipun produk tersebut sedang diskon.

Jika self control Anda lemah, hindari terlalu sering scroll marketplace karena bisa saja Anda tergoda untuk membeli produk hanya karena memiliki potongan harga yang lumayan. Ingat, saat Anda menggunakan uang untuk membeli produk yang tidak dibutuhkan tapi memiliki diskon 70% artinya Anda sudah melakukan pemborosan sebanyak 70%.

4. Siapkan Dana Darurat

Miliki dana darurat karena akan memberikan berbagai keuntungan. Salah satunya bisa menyelamatkan keluarga ketika keadaan darurat terjadi, misalkan saja ketika tulang punggung keluarga sakit sehingga tidak memiliki pemasukan.

5. Kreatif dalam Menyiasati Kebutuhan

Contohnya saat Anda hendak melakukan stimulasi pada balita di rumah. Dibanding membeli semua perlengkapan, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan benda-benda di sekitar rumah. Lewat cara ini tentu tujuan stimulasi anak bisa tercapai namun budget keuangan tetap terkendali.

Hal ini pun berlaku untuk kebutuhan makan. Anda bisa mengeluarkan sedikit tenaga untuk belajar membuat menu-menu populer dibanding selalu memesannya lewat daring.

6. Miliki Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Bicarakan semua hal yang terkait dengan keuangan, termasuk saat Anda hendak membeli barang. Meski Anda sudah memiliki uangnya, namun menceritakan hal tersebut pada pasangan tidak ada salahnya.

Dengan terbiasa memberitahukan barang apa saja yang dibeli, hasrat untuk berbelanja justru bisa terkendali karena ada pihak lain yang membantu mengerem.

7. Cari Pemasukan Tambahan Terlebih Jika Pemasukan < Pendapatan

Jika kondisi tidak ideal seperti ini Anda biarkan berlarut-larut, maka bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan aset yang dimiliki untuk melunasi utang yang menumpuk.

Baca Juga: Iniliah Jenis-Jenis Bunga Tabungan dan Cara Menghitungnya

digibank by DBS: Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik untuk Ibu Rumah Tangga

aplikasi investasi terbaik digibank dbs

Meski hanya di rumah dan tidak memiliki pendapatan pasti, ternyata seorang ibu rumah tangga tetap bisa melakukan investasi di aplikasi investasi terbaik lho. Ibu rumah tangga juga bisa membantu mengatur keuangan suami dan keluarga dengan cara yang lebih bijak salah satunya yaitu investasi.

Salah satu jenis Investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga salah satunya investasi Reksadana. Reksadana adalah suatu wadah untuk menghimpun dana dari para investor lalu dana tersebut akan dikelola oleh profesional berbadan hukum yang bernama Manajer Investasi.

Dana tersebut nantinya akan diinvestasikan kembali ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, maupun instrumen pasar uang. Hal ini dikarenakan Anda tak perlu mengawasi kondisi pasar dan perekonomian di Indonesia secara penuh karena dana yang Anda investasikan akan dibantu pengelolaannya oleh profesional yaitu Manajer Investasi. Melalui berbagai strategi di atas, bukan tidak mungkin ibu rumah tangga bisa menumbuhkan asetnya.

Dalam melakukan investasi Reksadana, Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi investasi terbaik ini menawarkan berbagai keunggulan dalam urusan perbankan dan investasi, antara lain:

Buka Rekening/Tabungan Tanpa harus ke Bank

digibank by DBS Memungkinkan nasabah bisa melakukan pembukaan rekening tanpa harus mengunjungi bank. Tentu hal ini amat memudahkan karena kebanyakan ibu rumah tangga tidak memiliki waktu yang banyak untuk bepergian, terlebih bila harus antri dan mengisi data dalam berlembar-lembar dokumen.

Verifikasi yang mudah dilakukan

Saat membuat rekening di digibank by DBS, Anda hanya perlu menyiapkan e-KTP, kemudian dilanjutkan mengisi data dan terakhir proses verifikasi wajah menggunakan kamera depan handphone Anda. Semua proses ini dilakukan secara 100% digital.

Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Rasakan manfaat gratis biaya transfer kemana pun dan tarik tunai di ATM mana saja tanpa dikenakan biaya tambahan hanya dengan memiliki saldo rata-rata minimal di rekening Rp1 juta setiap bulannya.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan Ibu Rumah Tangga dalam mengelola keuangan keluarga secara bijak. Financial freedom nyatanya bisa dicapai oleh siapa saja, termasuk untuk ibu rumah tangga sekalipun. Melalui strategi yang tepat dan perhitungan yang cermat, Anda bisa segera mulai berinvestasi di aplikasi investasi terbaik digibank by DBS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.