Fungsi Assessment Dalam Dunia Kerja, Penting Untuk Perusahaan Dan Karyawan

Salah jika Anda menganggap bahwa assessment ini hanya dilakukan dalam dunia pendidikan. Faktanya di lingkungan kerja biasa juga sering kali dilakukan assessment secara rutin setiap tahun. 

Beberapa agenda layaknya untuk melakukan rotasi pegawai sampai dengan rekrutmen pekerja baru maka akan dilakukan assessment. Ini karena fungsi assessment sangat penting, sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Mengenal Apa Itu Assessment

Pada dasarnya istilah assessment ini sendiri sudah bukan hal asing, namun masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apakah itu? Assessment bisa dikatakan sebagai serangkaian tes. 

Tes yang sudah dibuat sedemikian rupa dan dapat diukur. Nantinya tes tersebut akan perusahaan berikan kepada karyawannya. 

Digunakan untuk mengukur layak atau tidaknya karyawan tersebut untuk tetap dipertahankan dalam perusahaan ataupun mendapatkan promosi jabatan. Untuk itu, assessment ini tidak hanya dilakukan sekali, melainkan dilakukan dalam periode atau jangka waktu tertentu. 

Hasil dari assessment tersebut nantinya akan masuk dalam sebuah laporan dan berisi sebuah keputusan akhir yang diambil oleh perusahaan. Jadi kegiatan assessment sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan, melainkan harus oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi saja.

Fungsi Kegiatan Assessment

manfaat kegiatan fungsi assessment bagi perusahaan

Dalam sebuah perusahaan pastinya ingin agar bisa berkembang bukan? Salah satu caranya dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dalam hal ini tidak lain adalah SDM atau yang dikenal sebagai karyawan. 

Ketika kinerja dari karyawan bisa dioptimalkan, bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasai, tentu produktivitasnya sendiri akan ikut mengalami peningkatan. Dibandingkan ketika karyawan tersebut bekerja tidak sesuai pada bidangnya, tentu hasil yang diterima juga pasti kurang optimal.

Dengan adanya kegiatan penilaian atau assessment ini, maka diharapkan akan memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan, apalagi fungsi assessment sendiri ada banyak, diantaranya adalah:

1. Fungsi Dumatif

Fungsi ini digunakan untuk menilai hasil dari pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan dalam perusahaan tersebut. Nilai yang akan karyawan dapatkan tersebut akan tercatat dalam laporan.

Selain itu, akan dipantau dari waktu ke waktu, apakah mengalami peningkatan atau justru sebaliknya. Karena bisa berhubungan dengan kebijakan yang nantinya akan diambil oleh perusahaan terkait dengan karyawan tersebut.

2. Fungsi Formatif

Fungsi formatif lebih ditujukan kepada perusahaan, yaitu lewat hasil assessment yang telah dilakukan tersebut. Pimpinan perusahaan dapat memberikan feedback atau umpan balik, sebagai panduan dalam memperbaiki kinerja yang ada dalam perusahaan.

Dengan begitu, dapat memberikan progress yang lebih baik kepada karyawan agar bisa lebih produktif.

3. Fungsi Diagnosis

Fungsi diagnosis yang lebih menekankan kepada mengetahui kelebihan serta kelemahan karyawan. Jika karyawan memiliki lebih banyak kekurangan yang maka pihak perusahaan sendiri yang harus mengupayakan cara terbaik untuk bisa mengatasinya.

Hal tersebut bertujuan agar tidak memberikan dampak negatif kepada perusahaan tersebut. Misalnya peningkatan skill melalui training.

4. Fungsi Penempatan

Sesuai dengan namanya maka dalam fungsi yang satu ini nantinya akan perusahaan gunakan untuk bisa secara tepat menempatkan karyawan sesuai dengan potensinya. Karena hasil assessment ini sangatlah menentukan, jika karyawan bisa ditempatkan di bidang atau bagian yang pas.

Oleh karena itu, otomatis akan berdampak kepada peningkatan produktivitas, dibandingkan ketika penempatan yang sebelumnya tidak sesuai.

5. Fungsi Penilaian Keberhasilan

Assessment juga dapat dijadikan sebagai bahan atau acuan untuk menilai keberhasilan dari pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tersebut. Tentunya dilihat dari target yang sudah ditentukan. 

Akan tampak apakah karyawan tersebut dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan melebihi target ataukah tidak. Bisa dipakai sebagai sarana juga untuk menilai apakah karyawan ini layak dipertahankan ataukah tidak di dalam perusahaan.

Setelah tahu banyaknya fungsi assessment serta pentingnya bagi perusahaan. Maka ketika ingin melakukan kegiatan tersebut hanya percayakan kepada perusahaan atau tenaga yang tepat, agar tidak menyesal. Salah satunya dari Prasmul-ELI. Lembaga sertifikasi serta pelatihan terbaik yang ada di Indonesia.

Tinggalkan komentar