Jendela Alam Bandung menjadi salah satu lokasi untuk acara perpisahan dan kenaikan kelas sekolah anakku. Setelah satu tahun belajar dan bermain di sekolah, Si Bule akhirnya naik tingkat dari KG A ke KG B.

Ya. Usianya di bulan Mei kemarin tepat menginjak 6 tahun. Si Bule yang jago kandang ini perlahan mulai bisa bersosialisasi dengan dunia luar. Hal ini tentunya berkat 1 tahun di KG A.

Sekolah memberikan banyak dampak positif terhadap tumbuh kembangnya, tetapi tulisan kali ini tidak akan membahas tentang  sekolah. Apalagi masalah wisuda anak TK-SMA, karena aku mau berbagi keseruan di Jendela Alam.

Baca Juga : Wisata Edukasi Lembang Park and Zoo

Daftar isi

Fun Activity di Jendela Alam Bandung

wisata edukasi ramah anak di Bandung

Jendela Alam Bandung yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri Cihideung Kabupaten Bandung Barat ini merupakan salah satu objek wisata rekreasi dan edukasi ramah keluarga di Jawa Barat. Di sini pengunjung dapat melakukan aktivitas seru, khususnya untuk anak-anak.

Ada aktivitas memberi pakan ternak, menanam dan panen sayuran, menangkap ikan, dan kegiatan outbound. Hal ini juga yang membuatku senang karena tidak salah memilih acara sekolah di Jendela Alam Bandung.

Berikut ini beberapa dokumentasi si Bule bersama Miss dan teman-temannya di Jendela Alam.

Memberi Makan Rusa

Kegiatan pertama si Bule dan teman-temannya yaitu memberi makan rusa. Kakak Pemandu dari Jendela Alam menjelaskan tentang Rusa dan anak-anak pada senang bergantian memberi pakan berupa wortel.

memberi makan rusa dan kelinci di jendela alam

Memberi Makan Kelinci dan Marmut

Koleksi kelinci dan marmut juga cukup banyak di Jendela Alam. Di sini anak-anak bisa memberi makan kelinci.

Mengenal Ikan dan Reptil

Di Jendela Alam juga ada koleksi ikan dan reptil. Untuk reptil ada ular dan iguana, jadi anak bisa belajar dan menyaksikan langsung seperti apa hewan reptil itu.

Melihat Sapi dan Peternakan Ayam Petelur

peternakan ayam petelur di jendela alam

Ada sapi dan peternakan ayam petelur. Pengunjung boleh panen telur ayam, tetapi untuk kegiatan kemarin hanya melihat-lihat saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Contohnya, telur ayam pecah.

Memberi Makan Kambing dan Kuda

memberi makan kuda dan kambing

Di Jendela Alam Lembang Bandung terdapat Kambing dan Kuda. Ketika memberi makan di sini anak-anak merasakan tantangan tersendiri.

Seperti saat memberi makan kuda, beberapa ada yang takut tapi penasaran. Si Bule contohnya dan ini menjadi pengalaman tersendiri untuk mengalahkan rasa takutnya.

Setelah puas memberi pakan hewan ternak, seharusnya panen tomat chery tapi karena waktu sudah semakin sore jadi lanjut kegiatan outbound.

Outbound Seru di Jendela Alam

outbound anak di Jendela Alam Bandung

Fasilitas outbound yaitu flying fox tersedia di Jendela Alam. Yang mana anak-anak hingga dewasa bisa merasakan keseruan naik flying fox.

Untuk anak-anak terdapat jalur yang lebih pendek dan untuk dewasa flying fox lebih tinggi dengan jalur yang terbilang panjang. Di sini si Bule ternyata mencoba untuk dewasa, untungnya si dia berdua dengan temannya. Karena, aslinya dia takut ketinggian.

Lucunya melihat temannya baik-baik saja dan terlihat seru, dia juga bersikap seolah tidak terjadi apa-apa. Akan tetapi, sebagai seorang ibu aku paham banget bagaimana tremornya si Bule.

Jadi, saat ditanya bagaimana rasanya naik flying fox, si kecil jawab seru tapi tidak mau naik lagi. lol. Setidaknya dia bisa belajar untuk berani melawan rasa takut.

Menangkap Ikan

Aktivitas penutup di Jendela Alam yaitu menangkap ikan. Kolamnya dangkal dan tidak terlalu besar. Akan tetapi, karena yang menangkap ikan banyak membuat kolam penuh dengan keseruan anak-anak.

Jadi, yang pusing bukan anak-anak tetapi ikannya. Mendadak teringat lagu Joshua yang berjudul ”Air”. Masih ingat kan liriknya.

aktivitas seru menangkap ikan

Demikian aktivitas seru buat anak-anak yang mau liburan di Jendela Alam Bandung. Selain bisa bersenang-senang, anak-anak juga bisa belajar banyak hal.

Lalu bagaimana dengan fasilitas?

Fasilitas

Fasilitas Jendela Alam cukup lengkap. Ada Toilet dan kamar mandi bersih di dalam objek wisata, mushola, cafe, dan tempat belanja oleh-oleh di pintu keluar.

Spot untuk foto-foto juga bagus. Jadi tidak hanya edukasi buat si kecil saja, orang tua juga bisa bersantai sambil mengabadikan momen terbaik di Jendela Alam Lembag. 

Baca Juga : Weekend Seru di The Ranch Ciater Subang

Tiket Masuk

Tiket masuk Jendela Alam Bandung mulai dari Rp. 20.000 weekend dan Rp. 25.000 untuk weekdays. Tiket tersebut belum termasuk aktivitas seperti outbound, menanam sayuran dan lainnya. 

Untuk lebih hemat bisa ambil paket Fun Adventure atau Fun Farming. Pembelian tiket bisa on the spot atau bisa juga beli situs penyedia tiket online. 

Kesimpulan 

Jendela Alam Bandung memang tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Aktivitas liburan di sini membuat si kecil bisa belajar banyak hal tentang menanam dan panen sayuran, memberi pakan ternak, menangkap ikan, hingga aktivitas yang menantang adrenalin. 

Oleh sebab itu, buat Sahabat Senja yang saat ini sedang merencanakan liburan bersama buah hati, Jendela Alam merupakan salah satu rekomendasi yang wajib dikunjungi. 

Next liburan kemana lagi, ya? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *