Sudah akhir tahun lagi saja ya, Sahabat Senja. Walau cuaca tidak bersahabat dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, tetap nikmati momen liburan akhir tahun dengan bahagia, dong.

Terlebih jika bisa mewujudkan wishlist liburan di akhir tahun dengan mengunjungi destinasi wisata impian. Walaupun gak bisa jangan sedih, ada temannya yaitu Aku. Tsah.

Walau belum bisa mendaki beberapa gunung di Indonesia sesuai wishlist, akan tetapi aku punya cara sendiri untuk tetap bisa menikmati akhir pekan dan liburan akhir tahun. Terpenting otak bisa sejenak beristirahat dari pekerjaan yang menumpuk.

Daftar isi

Ini Dia Liburan Cara Aku

cara aku menikmati liburan akhir pekan

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk berlibur. Aku sendiri senang kegiatan yang bernuansa adventure. Seperti mendaki gunung dan wall climbing.

Pendakian terakhir itu September 2021 ke Gunung Ciremai. Harusnya tahun ini ikut mendaki lagi bersama teman-teman, tetapi Tuhan berkehendak lain karena aku dikasih amanah baru yaitu hamil anak kedua.

Baca Juga: Mendaki Gunung Ciremai di Masa Pandemi

Jadi, caraku menikmati liburan dengan aktivitas lain yang tetap seru dan menyenangkan. Seperti beberapa rutinitas di bawah ini:

1. Mengunjungi Objek Wisata Terdekat

wisata dekat rumah liburan cara aku

Berkunjung ke objek wisata terdekat menjadi andalanku dengan waktu liburan yang terbilang singkat yaitu hanya weekend saja. Seringnya mengunjungi tempat wisata di sekitar tempat tinggal dan cukup dengan waktu satu atau dua hari saja.

Seperti bersantai di Central Park Meikarta Lippo Cikarang, Jalan-Jalan ke Jakarta, atau Menemani Si Kecil bermain di Wahana Anak yang ada di Mall.

2. Makan di Restoran Favorite

Makan bersama keluarga di restoran favorit merupakan caraku menikmati akhir pekan. Apalagi makan di restoran gak setiap hari juga, karena lebih sering masak sendiri di rumah.

Untuk restoran favorit, aku biasa mengunjungi restoran Jepang. Karena, si kecil sendiri kalau makan di luar antara chicken atau ebi.

3. Nonton di Bioskop

Sesekali jika ada film yang pengin ditonton maka datang ke Bioskop menjadi momen untuk menghabiskan liburan ala aku. Walau bisa dihitung jari karena khusus film tertentu saja.

4. Nonton Drama Korea di Aplikasi Layanan Streaming

Kalau lagi mager ke luar rumah, nonton drama korea menjadi pilihan untuk bersantai seharian. Apalagi sudah banyak aplikasi layanan streaming yang menyajikan drama korea on going dan terbaru.

5. Jalan-Jalan Tanpa Tujuan

Terinspirasi dari salah satu acara televisi Jepang yaitu Hangin Around With No Plan dengan konsep mengunjungi suatu tempat tanpa direncanakan terlebih dahulu. Akhirnya aku coba deh, sambil ngajak Si Kecil motoran hingga berhenti di tempat yang tidak terduga.

Entah itu restoran, taman, dan sebagainya. Biasanya lokasinya masih sekitaran Cikarang. Liburan tanpa rencana tidak buruk juga malah seringnya berjalan lancar.

Seperti, yang terjadi baru-baru ini, rencana ke Cikole, tetapi berakhir di The Ranch Ciater Subang. Begitulah hidup harus siap dengan berbagai kemungkinan yang tidak terduga.

Baca Juga: Weekend Seru di The Ranch Ciater Subang

Dengan keterbatasan waktu untuk berlibur bukan berarti tidak bisa menikmati hidup. Kalau kata desainer Anne Avantie ”Hidup itu memang sulit, tapi jangan dipersulit”. Walau belum bisa mendaki gunung di seluruh wilayah Indonesia dalam waktu dekat, aku percaya suatu hari bisa terwujud.

Pastinya akan ada waktu yang tepat. Tidak bosan juga dengan mencatat beberapa destinasi tempat wisata yang ingin dikunjungi dalam daftar wishlist traveling.

3 Destinasi Wisata yang Ingin Dikunjungi Bersama Traveloka

Selain mendaki gunung, aku memiliki keinginan untuk menjelajah berbagai wisata di seluruh nusantara. Setiap daerah di Indonesia memiliki wisata andalan yang wajib untuk dikunjungi.
Contohnya ketiga wishlist aku berikut ini.

Mengunjungi Kompleks Candi Dieng

destinasi wisata kompleks candi dieng
Sumber Gambar: Canva

Kompleks Candi Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib banget dikunjungi. Memiliki nilai sejarah yang tinggi dengan adanya 8 Candi Hindu kecil tertua dan total sekitar 400 candi memiliki daya tarik tersendiri.

Memiliki view menakjubkan, suasana yang sejuk karena Dieng berada di dataran tinggi dan bisa menyalami sejarah secara langsung. Baik itu waktu pembangunan hingga arsitektur bangunan.

Itulah alasanku ingin liburan di Dieng untuk menikmati keindahan candi-candi dengan mengenal sejarahnya lebih dekat dan menikmati setiap relief yang terukir di setiap bangunan candi. Karena, aku yakin akan ada banyak hal yang bisa didapat selain menuntaskan rasa bahagia bisa berkunjung secara langsung.

Alasan lainnya untuk mengunjungi Dieng, rencananya aku akan menggunakan transportasi kereta api. Yang mana si kecil senang dengan transportasi satu ini dan perjalanan jauh yang pernah ditempuh dengan kereta baru Jakarta-Cirebon.

Untuk pemesanan tiket kereta api pasti aku pilih Traveloka. Bisa pesan dari jauh hari dan pilih tempat duduk.

mudahnya pesan tiket kereta api di traveloka

Pantai Nusa Dua Bali

wisata pantai nusa dua bali
Sumber Gambar: Canva

Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang pastinya bakalan aku kunjungi lagi. Entah kenapa aku selalu merindukan Bali, padahal baru sekali ke sana. Bisa jadi karena belum menjelajahi wisata pantai eksotis selain Tanah Lot.

Salah satunya Pantai Nusa Dua Bali. Dari sumber yang aku baca bahwa pantainya selalu bersih dan terdapat hotel bintang 5. Selain itu, memiliki view matahari terbit terbaik dan ramah untuk anak. Jadi, tidak sabar ingin berlibur di Nusa Dua Bali mengajak si kecil.

Glamping di Bogor

glamping di the highland park bogor
Sumber Gambar: Traveloka

Sebelum aku tahu hamil anak kedua sudah ada rencana mau camping di Alun-Alun Surya Kencana Gunung Gede Bogor bersama si kecil. Karena, tidak sesuai rencana akhirnya memutuskan untuk glamping di sekitaran Bogor setelah anak kedua lahir.

Alasan memilih Bogor karena tersedia berbagai pilihan tempat Glamping menarik. Seperti The Highland Park, Forrester Glamping Co, Leuweung Geledegan Ecolodge, dan lainnya. Selain itu, aku suka dengan suasana pegunungan yang sejuk dan pastinya lokasi yang tidak begitu jauh dari rumah.

Cikarang-Bogor masih aman untuk liburan akhir pekan bersama keluarga. Si kecil pun pasti happy banget karena dia memang sudah lama ingin merasakan glamping dan camping.

Makin Asyik Menikmati Libur Bersama Teman Hidup Traveloka

Berbicara mengenai liburan, selain mencatat daftar destinasi wisata favorit yang ingin aku kunjungi, biaya akomodasi, transportasi, penginapan dan lainnya tidak luput dari perhatian. Bagaimanapun setiap perjalanan harus terencana dengan baik. Khususnya dalam hal budget.

Walau begitu aku tidak khawatir karena bersama teman hidup Traveloka bisa membuat rencana perjalanan menjadi lebih baik. Yang mana aku bisa cek biaya penginapan, akomodasi perjalanan dan sebagainya melalui Traveloka.

Hal ini sudah aku lakukan sejak lama, karena selain menyediakan pembelian tiket pesawat, kereta, dan booking hotel, tersedia juga paket liburan dalam negeri maupun mancanegara. Bahkan dari satu layanan ini bisa untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Kebutuhan entertain, bayar BPJS, PDAM, listrik, bisa banget melalui Traveloka. Lebih asyik lagi karena banyaknya promo yang ditawarkan. Untuk itu, Traveloka menjadi andalanku sebagai teman hidup untuk berbagai kebutuhan.

Seperti rencanaku Glamping di Bogor, ada Glamping Fun 2 Day 1 Night dengan biaya mulai dari 700 ribu setelah diskon. Pilihan tempat glamping pun keren-keren, jadi gak sabar banget buat holiday di Bogor.

glamping di puncak bogor
Sumber Gambar : Traveloka

Mau liburan akhir pekan, akhir tahun, atau libur semester anak-anak jangan lupa rencanakan liburan di Traveloka. Karena, segala kebutuhan untuk pesan tiket transportasi, hotel, dan sebagainya tersedia lengkap.

Begitu juga dengan sistem pembayaran yang sangat mudah karena di Traveloka kita bisa menggunakan beragam metode pembayaran melalui, debit, kartu kredit dan paylater. Jadi, liburan kapan saja pasti jadi.

Penutup

Melihat orang-orang bisa liburan ke destinasi favorit memang bikin envy, akan tetapi aku punya cara tersendiri untuk tetap happy dengan liburan tipis-tipis. Karena, tidak harus mengunjungi objek wisata saja. Bisa dengan hal lain seperti menonton film favorit, makan bersama keluarga tercinta, dan hal sederhana namun penuh dengan makna.

Untuk mimpi-mimpi bisa menjelajah Indonesia dan mendaki gunung-gunung tertinggi di nusantara aku yakin akan ada waktunya. Untuk saat ini, nikmati saja apa adanya bersama teman hidup Traveloka yang setia menemani untuk memberikan kemudahan dan kebahagiaan.

Hidup kita bukan orang yang menjalani, jadi lakukan apa pun yang sesuai kata hati. Termasuk dalam hal liburan untuk selalu ikuti suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay.

24 Replies to “Liburan Cara Aku Bersama Teman Hidup Traveloka”

  1. Sepakat mbak, liburan nggak selalu identik dengan pergi ke tempat wisata. kalau bagi saya, liburan itu adalah saat saya bisa berhenti dari melakukan aktivitas rutin, menggantinya dengan kegiatan lain.

    Tapi kalau mau piknik ke tempat wisata pun nggak ada salahnya kok, apalagi kalau direncanakan secara matang dengan bantuan aplikasi traveloka.

  2. liburannya aku juga mau yg di list di atas mbaaa..iyaa tiap orang beda-beda. Punya selera yang lain pasti. Liburan bersama teman hidup tentu jadi makin spesial..eh kok jadi teman hidup yg ituuh. Bersama Traveloka banyak pilihan dan fitur2 yg memudahkan liburan kita ya mbaa

  3. Kalau liburan salah satu aplikasi yang paling jd andalan emang Traveloka ya? Apa aja udah ada mulai nyari tiket kendaraan umum, penginapan, sampai kulineran hingga masuk lokasi wisata beli tiket. Semua ada.
    Wah aku belum pernah ke Dieng, jd pengen deh kapan2 bisa liburan ke sana juga.

  4. Ide bagus banget ini.. Jalan tanpa tujuan.
    Heheh…sejujurnya aku pernah banget begini.. Tapi karena jiwanya bukan petualang sejati, seringnya kalau uda ketemu jalan yang gak dikenal, beneran takut banget.
    Meski seperti kata Ahn Jae Hyun kalo bumi itu bulat dan pasti akan balik ke tempat semula…tapi yhaa, analoginya gak pas.

    Paling nyaman liburan dengan itinerary yang sudah dibikin menggunakan Traveloka.

  5. Iya seru banget jalan-jalan sekitar wilayah tempat tinggal kita ya blusukan bikin kita makin mengenal daerah kita dan sering menemukan hidden gem tempat wisata seru, aku juga pesan tiket selalu di Traveloka

  6. Yes,menikmati liburan dengan aktivitas lain yang tetap seru dan menyenangkan ga harus mahal yang penting happy..
    Dari wishlistnya aku belum pernah glamping di Bogor. Tentu bareng Traveloka liburan bakal lebih mudah dan bermakna

  7. Gue banget, apalagi pas sampai di bagian ini:

    “… hidup kita bukan orang yang menjalani, jadi lakukan apa pun yang sesuai kata hati. Termasuk dalam hal liburan untuk selalu ikuti suara hati dan jalani hidup dengan caramu!”

    Welcome to the club, Mba!

    Btw,
    Traveloka, sampai saat ini, masih juara di hatiku!
    Still…

  8. Kalau urusan liburan aku lebih sering browsing2 di Traveloka mba. Sbb infonya lengkap sih ya hehe…3 wishlist tempat wisata yang mba pengen kunjungi keren2 lho. Smga segera terlaksana ya…

  9. Baru tadi siang aku cek tiket untuk perjalanan ke Bali dari Yogya awal bulan Maret. Kok ya pas banget baca rencana ini, mba. Memang sih pilihanku selama ini kalo nyari tiket pesawat, hotel atau tempat wisata selalu cek Traveloka.

    Lihat pilihan destinasi kok jadi pengen juga merasakan glamping ya

  10. Baru tadi siang aku cek tiket untuk perjalanan ke Bali dari Yogya awal bulan Maret. Kok ya pas banget baca rencana ini, mba. Memang sih pilihanku selama ini kalo nyari tiket pesawat, hotel atau tempat wisata selalu cek Traveloka.

    Lihat pilihan destinasi kok jadi pengen juga merasakan glamping.

  11. Berjalan tanpa tujuan. Eh kok jd ingat kata2 berlayar tanpa peta. hehe.

    Tiap org mmg punya cara msg2 dlm menikmati liburan ya. Aku suka banget baca pengalaman org kalo jalan2 tuh. Tp klo jalan beneran sm anak capek aslinya.hihi. tp klo sdh dischedule plus disiapkan dg Traveloka sih pastinya enjoyy. Apalagi kdg banyak promo jg. Wow

  12. Wah, kita samaan, Mbak. Aku juga sering merancang liburan tanpa harus pergi ke tempat wisata apalagi yang jauh-jauh. Sesekali boleh juga, sih. Tapi seringnya yang dekat-dekat saja, atau malah merancang kegiatan sendiri di rumah.

    Kapan-kapan kalau mau liburan jauh, boleh juga pakai Traveloka.

  13. Glamping nih tampaknya menarik untuk dicoba. Belum pernah soalnya ngajakin keluarga untuk glamping. Sulungku kayaknya bakalan happy deh diajakin glamping. Mau buka2 Traveloka ah utk atur itinerarynya.

  14. Nah, yang nomor lima itu aku banget jaman masih belum menikah wkwkkw. Bahkan kalau bete main jalan aja, nanti bisa tiba-tiba ke tebing, ke gunung, ke jogya gitu. Seru sih kalau gini

  15. Dieng juga salah satu wisata impian aku nih, semoga yaaa tahun ini kita bisa berwisata ke sana. Btw, aku akhir2 ini juga sering mager, liburan aku kebanyakan nonton drakor, hehe

  16. Saya sangat ingin ke Dieng. Sudah ke sana malahan dengan mobil carteran saat perjalanan pulang. Tapi saat itu hujan rintik terus menerus dan saya ragu untuk masuk ke lokasi. Huhuhu. Kalau diingat kok rasanya menyesal juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.