Sakit gigi pada gigi bolong terkadang sangat menyiksa. Yang mana penyebab gigi berlubang atau bolong dipengaruhi oleh berbagai faktor yang sering diabaikan. Salah satunya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Faktor lainnya dari konsumsi makanan manis secara berlebih. Baik itu permen, sereal, cake, bahkan buah. Terlebih jika ada sisa makanan yang menempel di gigi maupun sela-sela gusi akan menjadi kombinasi yang tepat untuk gigi cepat berlubang.

Daftar isi

Penyebab Gigi Berlubang

Pada umumnya gigi berlubang yang menimbulkan sakit gigi dapat semua orang alami tanpa mengenal usia jika tidak merawat gigi dengan baik. Pun, dalam menjaga pola makan.

Perlu diingat bahwa proses gigi berlubang bermula dari plak yang menempel di gigi, lalu perlahan plak akan mengikis bagian gigi. Plak sendiri muncul oleh bakteri, asam, sisa makanan yang menempel, dan air liur.

Adapun faktor risiko penyebab gigi berlubang, diantaranya.

1. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Gula

Saat ada sisa makanan yang mengandung gula menempel di gigi maka bakteri baik atau bakteri alami mengubahnya menjadi asam. Asam inilah yang dapat menyebabkan munculnya plak di gigi.

Tentunya plak pada gigi dapat mengikis bagian enamel gigi hingga akhirnya menjadi berlubang. Jika dibiarkan lubang yang awalnya kecil bisa membesar dan menembus pulpa.

Pada bagian pulpa inilah akan timbul rasa nyeri tidak tertahankan karena terdiri dari saraf dan pembuluh darah. Yang akhirnya menjadi penyebab gigi berlubang sakit terus menerus.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Asam

Selain makanan manis, konsumsi makanan atau minuman asam berlebih pun tidak baik untuk kesehatan gigi. Hal ini karena dapat menghilangkan mineral pada gigi sehingga gigi akan mudah berlubang.

Dengan begitu hindari minuman bersoda, jus buah, dan yang mengandung asam terlalu tinggi. Kurangi juga konsumsi pempek karena kuah asamnya kurang baik untuk gigi.`

3. Jarang Membersihkan Gigi

Setelah makan penting untuk membersihkan gigi agar sisa makanan yang tersangkut atau menempel bisa lepas. Jika dibiarkan maka risiko gigi berlubang tidak terhindarkan.

4. Konsumsi Obat-Obatan

Obat, suplemen, bahkan vitamin yang mengandung gula menjadi salah satu faktor penyebab gigi berlubang. Untuk itu pastikan kandungan gula pada obat-obatan dicek terlebih dahulu.

5. Mulut Kering

Jangan salah jika mulut kering dapat menimbulkan berbagai masalah di gigi dan mulut. Seperti gigi berlubang dan gigi sensitif. Yang mana mulut kering menyebabkan produksi air liur menjadi sedikit.

Sedangkan peran air liur penting untuk menjaga kelembapan mulut, membersihkan sisa makanan dan plak, serta untuk melawan bakteri yang menghasilkan senyawa asam.

Masih ada beberapa faktor penyebab gigi berlubang yang harus diwaspadai. Misalnya mengidap GERD, faktor usia, lokasi gigi paling belakang yang sulit terjangkau saat membersihkan gigi, dan untuk bayi penyebabnya bisa karena botol susu.

Oleh sebab itu penting untuk merawat gigi maupun mulut dan segera atasi jika sudah ada plak di gigi. Karena, dengan selalu menjaga kebersihan mulut maka gigi tidak mudah berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

cara mencegah gigi berlubang

Tentunya setuju dong, jika mencegah lebih baik dari mengobati. Jika terjadi kerusakan pada gigi, pastinya perlu cara merawat gigi berlubang agar tidak membesar.

Sebelum terjadi hal demikian, lebih baik melakukan perawatan rutin dalam mencegah gigi berlubang. Langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Rutin Gosok Gigi 2 Kali Sehari

Gosok gigi yang tepat yaitu dua kali dalam satu hari, setelah makan dan sebelum tidur. Menggosok gigi dapat membersihkan sisa makanan di gigi dan gusi.
Jika sisa makanan tidak dibersihkan maka akan menjadi sasaran empuk bakteri untuk membuat gigi berlubang.

2. Gunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Mencegah gigi berlubang sebaiknya menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Yang mana fluoride baik untuk mengembalikan mineral pada gigi yang hilang.

3. Minum Air Putih

Manfaat air putih memang sangat banyak untuk tubuh manusia. Termasuk dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena air putih dapat membersihkan sisa makanan.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula secara berlebih. Terutama gula buatan yang mudah merusak gigi.

5. Periksa ke Dokter Gigi

Plak yang menempel pada gigi akan menyebabkan munculnya karang gigi yang sulit dibersihkan dengan hanya sikat gigi. Untuk itu membersihkan karang gigi sebaiknya langsung ke dokter gigi. Yang mana perawatan di dokter sebaiknya setiap enam bulan sekali untuk mencegah gigi berlubang.

Demikian informasi mengenai penyebab gigi berlubang dan cara mengtasinya. Selalu jaga kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari berbagai masalah penyebab bakteri jahat di mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *