Ada rencana naik gunung? Pastikan kamu menyiapkan perlengkapan mendaki gunung tanpa ada yang terlewat karena akan sangat fatal jika ada yang tertinggal.

Bertualang di alam bebas bukan berarti bebas tanpa persiapan dan membawa pelengkapan penting. Sebaliknya, kamu wajib membawa perlengkapan dari tas untuk barang-barang, obat-obatan dan produk P3K, hingga plastik sampah.

Daftar isi

Cek 10 Perlengkapan Mendaki Gunung

perlengkapan barang untuk mendaki gunung

Aktivitas mendaki akan lebih tenang ketika semua perlengkapan yang wajib kamu bawa sudah masuk semua ke tas carrier maupun daypack. Sehingga mendaki akan lebih menyenangkan tanpa khawatir hal lain.

Seperti pengalamanku saat summit ke puncak gunung ciremai sedikit kewalahan karena ada barang yang tertinggal di pos camp. Oleh sebab itu, penting untuk cek ulang barang-barang yang akan kamu bawa ketika mendaki.

Adapun perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa, yaitu:

1. Tas Carrier & Daypack

Untuk menyimpan berbagai jenis barang, baik barang kelompok atau pribadi tentunya kamu membutuhkan tas dengan volume yang besar. Tas Carrier bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang perlengkapan mendaki.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa daypack. Daypack dibutuhkan untuk menyimpan barang-barang tertentu seperti handphone, dompet dan barang lain yang akan sering dibutuhkan.

Daypack juga berperan penting ketika summit ke puncak agar tidak membawa tas carrier yang super berat.

2. Tenda

Tentu saja! Tenda sangat wajib dibawa ketika mendaki gunung yang berfungsi sebagai tempat tidur ketika melakukan traveling di outdoor.

3. Perlengkapan Masak

Jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan logistik seperti perlengkapan memasak. Tentunya saat kelaparan dan butuh minuman hangat tinggal menyalakan kompor.

4. Matras

Fungsi matras ketika mendaki gunung digunakan untuk alas tempat tidur maupun tempat duduk. Oleh sebab itu, ketika mendaki alangkah baiknya membawa matras lebih dari satu.

5. P3K

Penting untuk membawa perlengkapan P3K. Dimana isinya obat pribadi, obat untuk luka dan lainnya. P3K sangat wajib dibawa untuk melakukan pertolongan pertama ketika ada kecelakaan yang tidak terduga.

betadine antiseptik untuk luka

Untuk obat antiseptik karena luka biasanya aku membawa Betadine Antiseptik yang mengandung Pavidon-iodine memberikan solusi dalam mencegah infeksi karena kuman dan membunuh kuman penyebab infeksi dengan cepat.

Bukan tanpa alasan karena Betadine adalah produk kesehatan antiseptic yang sudah masyarakat Indonesia percaya lebih dari 50 tahun. Bahkan ketika aku kecil pun, Betadine selalu tersedia di rumah.

6. Sepatu & Sandal

Memutuskan untuk mendaki? Alangkah baiknya memakai sepatu saat melakukan pendakian. Namun, jangan sampai terlupa untuk membawa sandal juga.

7. Jaket

Baik musim kemarau maupun hujan, cuaca di atas gunung selalu tidak terduga. Ketika malam menerjang udara dingin mulai menyelimuti tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk membawa jaket agar tidak terkena hypothermia.

8. Sarung Tangan & pelindung Kepala

Penting juga untuk membawa sarung tangan dan pelindung kepala karena akan membantu ketika cuaca dingin tidak tertahankan. Dan bisa melindungi diri dari bahaya gigitan serangga, suhu dingin dan lainnya.

9. Survival Kit

Bawalah perlengkapan mendaki yang bisa digunakan untuk keadaan darurat. Seperti peluit, pisau multifungsi, senter, powerbank, kacamata dan batang fosfor.

10. Plastik Sampah

Gunung adalah tempat yang bersih dari sampah-sampah yang dibawa pendaki. Untuk menjaga kebersihan gunung maka bawalah plastik sampah yang berfungsi untuk membawa kembali sampah dari atas gunung ke daratan.

Penutup

Gunung bukan tempat untuk kita menjadi sombong, melainkan untuk selalu rendah diri dengan segala pencapaian. Agar terhindar dari segala hal yang merugikan selalu cek perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa agar tidak ada yang tertinggal.

Terutama pelengkapan P3K dengan membawa Betadine Antiseptik, Kapas, plester, vitamin, dan obat pribadi. Untuk informasi produk Betadine Antiseptik bisa cek di https://betadine.co.id/, ya.

Tentunya selain 10 barang di atas ada beberapa lagi yang perlu kamu siapkan, seperti sleeping bag, tali, atau bisa baca postingan tentang Persiapan Mendaki Gunung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *