5 Rekomendasi Wisata Pantai di Malang Paling Populer 

Memiliki rencana liburan di Jawa Timur selain wisata alam pegunungan, maka kamu bisa berkunjung ke pantai di Malang paling populer. Ada banyak banyak partai dengan keindahan air lautnya yang jernih, hingga pesona terumbu karang. 

Malang memang salah satu Kota di Jawa Timur yang memiliki banyak pilihan objek wisata dengan keindahan alam mempesona. Termasuk wisata pantai yang cocok untuk menghabiskan long weekend. 

Wisata Pantai di Malang Paling Populer 

wisata pantai populer di malang

Secara geografis Malang merupakan daerah perbukitan dengan dikelilingi gunung-gunung. Akan tetapi, di bagian selatan Malang berbatasan dengan Samudera Hindia. Jika kamu perhatikan lebih teliti maka satu jalur dengan pantai di Yogyakarta.

Itulah mengapa banyak wisata pantai terbaik di Malang yang menjadi incaran para pelancong baik dalam maupun luar negeri. Keindahan alam pantai-pantai di Malang akan memanjakan wisatawan untuk menciptakan momen liburan tidak terlupakan.

Berikut ini rekomendasi pantai di malang paling populer dan wajib kamu kunjungi, yaitu: 

1. Pantai Tiga Warna 

Salah objek wisata paling populer yaitu wisata pantai Tiga Warna di Malang. Ini karena, pantai yang masuk ke dalam Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung memiliki gradasi warna unik, yaitu air laut yang berwarna biru, dengan perpaduan pemandangan asri hingga menciptakan warna biru kehijauan, dan pasir berwarna putih. 

Pemandangan langit saat sore hari juga memancarkan warna jingga yang memanjakan mata. Oleh karena itu, Pantai Tiga Warna menjadi pantai terbaik di Malang dengan keindahan alamnya.

Terlebih karena termasuk kawasan konservasi air laut sangat jernih dan pengunjung dapat menikmati keindahan terumbu karang dengan melakukan aktivitas snorkeling. Aktivitas lain yang dapat pengunjung lakukan di Pantai Tiga Warna yaitu Berkemah dan Berenang.

Agar air laut dan lingkungan pantai tidak tercemar maka pengelola dan masyarakat sekitar membuat peraturan khusus bagi pengunjung. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasi Pantai Tiga Warna Malang berada di Clungup Mangrove Conservation (CMC) Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tiket masuk Pantai Tiga Warna sekitar Rp. 10.000/orang.  

2. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pantai yang memiliki pesona air laut berwarna biru yang cantik. Sendang Biru juga memiliki arti sebagai sumber air yang memiliki warna biru. 

Keindahan air laut berwarna biru dan jernih ini menjadi daya tarik wisatawan untuk dapat melihat terumbu karang dan ikan-ikan dengan jelas. Pengunjung cukup sewa perahu motor atau perahu dayung untuk mengamati terumbu karang di tengah laut. 

Pemandangan yang akan memanjakan lainnya di Pantai Sendang Biru yaitu perahu nelayan yang berderet rapi di pinggir pantai. Oleh karena itu, saat berkunjung ke sini kamu bisa bawa oleh-oleh hasil tangkapan ikan laut maupun olahannya.

Hal yang menarik ketika berkunjung pada tanggal 7 dan 8 Syawal, karena ada tradisi mengambil air tawar di Pulau Sempu. Air tersebut diyakini masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Pantai Sendang Biru memang salah satu pintu menuju Pulau Sempu. Lokasi Pantai Sendang berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Tiket Masuk Pantai Sendang Biru hanya Rp. 5.000/orang. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu.

3. Pantai Goa Cina 

wisata pantai goa china di malang

Pantai di Malang selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ada Pantai Goa Cina. Letak Pantai Goa Cina tidak jauh dari Pantai Sendang Biru dan sama dengan Pantai Tiga Warna Malang yaitu di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Daya tarik dari Pantai Goa Cina yaitu adanya Goa di bukit karang sebelah barat. Konon Goa ini tempat semedi Hing Hook seorang pemuda asal Tiongkok. Hing Hook melakukan semedi hingga akhir hayatnya. 

Tidak hanya kisah pemuda asal Tiongkok, Pantai Goa Cina memiliki keindahan air laut yang jernih. Selain itu, terdapat tiga pulau lainnya yitu Pulau Gua China, Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Untuk itu, menjadi tujuan wisata pantai populer di Malang.

Tiket Masuk Pantai Goa Cina sangat terjangkau yaitu 5 ribu untuk setiap orang yang berkunjung. 

4. Pantai Batu Bengkung

Wisata Pantai Batu Bengkung di Malang cocok untuk mengisi liburan sekolah. Kamu bisa ajak si kecil berkemah dan berenang di kolam alami dengan air laut yang jernih. Kolam alami yang luas dikelilingi terumbu karang dan pasir putih memang daya tarik dari Pantai Batu Bengkung.

Apalagi pengunjung tidak diizinkan berenang di pantai langsung karena arus air laut yang besar. Itulah mengapa adanya kolam alami menjadi alternatif bagi pengunjung yang ingin berenang.

Hanya saja karena kedalaman kolam beragam, sehingga untuk anak-anak harus ditemani orang tua. Sedangkan untuk area berkemah sudah tersedia di pinggiran pantai, sehingga saat pagi bisa menyaksikan matahari terbit.

Pesona lain dari Pantai Batu Bengkung yaitu Batu Karang Melengkung. Terdapat beberapa bukit bebatuan yang dapat pengunjung di pantai selatan Malang ini. Ada 2 bukit yang melengkung dan nampak seperti wanita memakai bengkung atau selendang.

Batu Melengkung menjadi spot primadona wisatawan, karena dapat menyaksikan keindahan batu berwarna biru, hijau, dan putih. Jadi, berkunjung ke Pantai Batu Bengkung bisa menikmati keindahan air laut hingga pesona pemandangannya. 

Tiket masuk Pantai Batu Bengkung yaitu Rp. 5.000/orang. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu destinasi wisata malang murah.

5. Pantai Balekambang

Seperti di Pantai Lot Bali, Pantai Balekambang juga memiliki pura yang berada di atas batu karang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Setiap malam suro sering ada acara khusus yang menarik wisatawan untuk ikut menyaksikannya. 

Selain itu, Pantai Balekambang yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih menawarkan berbagai aktivitas. Seperti Snorkeling, Flying Fox, Camp, memancing, maupun sekedar bersantai di pinggir pantai. 

Pantai Balekambang menjadi wisata pantai di Malang yang murah dengan tiket masuk Rp. 10.000/orang. Silahkan berkunjung ke Desa Sumber Jambe, Kabupaten Malang. 

Demikian 5 rekomendasi wisata pantai di Malang untuk liburan terbaik kamu di pantai selatan jawa ini. Ciptakan momen terbaikmu untuk libur yang berkesan. 

Apalagi tempat wisata pantai di malang dan harga tiket masuknya sangat terjangkau. Sedangkan wisata alam ini memberikan pesona keindahan yang menakjubkan. 

Oleh sebab itu, cari pantai di Jawa Timur silahkan berkunjung ke lima pantai tersebut. Untuk liburan bersama keluarga bisa juga Mengunjungi 8 Museum di Malang

20 pemikiran pada “5 Rekomendasi Wisata Pantai di Malang Paling Populer ”

  1. Memang wisata pantai malang terjangkau abis ya kak. Beda banget sama wilayah medan sekitar.
    Pantai di sini airnya gak bisa dibilang bersih. Makanya mengandalkan spot buatan untuk poto instagramable.
    Masuknya mahal pula. 40k tiketnya.
    Makanya saya seneng kalo ke daerah aceh kak. Masuknya gratis. Pondok gratis. Cuma bayar makanan yang dipesan.

    Balas
    • Belum pernah ke malang sih tapi klo liburan kesana pasti akan ada salah satu pantai yang akan dikunjungi secara indah2 bgt kan pantai disana , nice info sih

      Balas
  2. baru tahu kalo ternyata di Malang banyak wisata pantainya yaaa…selama ini yg aku tahu klo malang wisata perbukitan jadi udaranya lumayan dingin segar hehe…next kalo wisata ke malang wajib kunjungi salah satu destinasi pantai ini sie…

    Balas
  3. Pantai di Malang memang terkenal bagus. Tapi aku belum sempat ke sana. Malah suami pernah ke sana sama teman-temannya pas masih bujang dan aku cuma dapat ceritanya aja. Heemmm semoga ada kesempatan buat ke pantai tiga warna dan sendang biru.

    Balas
  4. senang wisata lokal itu memang relatif murah ya kak apalagi kalau liburan bareng keluarga besar jd tidak teras begitu berat. say Sangat tertarik dgn pantai tiga warna nya

    Balas
  5. untuk beberapa bulan terakhir, aku sedang suka-sukanya untuk traveling ke Pantai, dan beberapa list pantai di Malang ini bisa menjadi travel list aku pas ke Malang

    Balas
  6. Seru banget ya sudah lama enggak ke Malang pastinya banyak sekali yang berubah ya termasuk destinasi wisatanya makin banyak sekarang, soon ke Malang dan kunjungi kelima tempat seru ini

    Balas
  7. Dari 5 list pantai di Malang yang disebutkan diatas, saya baru mengunjungi pantai Balekambang aja, itupun udah lama banget. Duh jadi kangen maen ke Malang. Mudah2an ada kesempatan dan rejeki buat berkunjung ke Malang lagi. Sekalian ke pantainya. Saya kepo sama pantai Tiga Warna.

    Balas
  8. Wah banyak juga ya kak pantai di Malang. Aku taunya Malang itu itu wisata kaya Jatim Park sama wisata gunung-gunung gitu

    Balas

Tinggalkan komentar