Apakah kamu sekeluarga berencana liburan ke Bandung saat bulan Ramadan atau setelah Lebaran nanti? Jika ya, kamu bisa menjajal sejumlah wisata religi yang ada di Bandung. Selain menambah wawasan dan hiburan, wisata religi di Bandung diharapkan menciptakan rasa syukur dan mengingat kebesaran Allah SWT.

Daftar isi

Wisata Religi di Bandung

Nah, jika kamu malas berkendara dengan kendaraan pribadi ke Bandung, kamu bisa memesan tiket kereta Jakarta ke Bandung melalui Traveloka yang terjamin aman, praktis, dan banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa wisata religi yang ada di Bandung!

liburan wisata religi di bandung

1. Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid ini merupakan salah satu masjid terunik di Indonesia karena memiliki desain yang berbentuk kubus dan tidak memiliki kubah. Masjid ini dirancang oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dan memiliki banyak fitur canggih dan ramah lingkungan,

Seperti lampu yang menggambarkan 99 Asmaul Husna, bola hitam bertuliskan nama Allah, dan celah-celah lubang di dinding yang membentuk kalimat syahadat. Masjid ini juga telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di bidang arsitektur dan bangunan religi.

2. Masjid Raya Bandung

Masjid ini merupakan salah satu ikon kota Bandung yang berdiri megah di tengah-tengah alun-alun Bandung. Masjid ini memiliki arsitektur yang bergaya Timur Tengah dengan dua menara tinggi dan kubah besar.

Masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti lift, ruang serbaguna, perpustakaan, dan museum. Masjid ini menjadi tempat ibadah sekaligus tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan.

3. Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terbesar dan terpopuler di Indonesia yang didirikan oleh KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Pondok pesantren ini memiliki visi untuk mencetak generasi muslim yang berkualitas, berakhlak mulia, dan berjiwa dakwah.

Pondok pesantren ini juga memiliki banyak fasilitas pendidikan dan sosial, seperti sekolah, universitas, rumah sakit, panti asuhan, dan media massa. Pondok pesantren ini juga menjadi tempat wisata religi yang menawarkan berbagai program, seperti kajian Islam, ziarah kubur, pengajian akbar, dan wisata halal.

4. Makam Keramat Mama Eyang Rende

Makam ini merupakan salah satu tempat ziarah yang sering dikunjungi oleh para peziarah yang ingin mendapatkan berkah dan kesejukan hati. Mama Eyang Rende adalah salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Bandung pada abad ke-16. Makam ini terletak di Desa Rende, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Makam ini memiliki suasana yang tenang dan asri dengan pemandangan alam yang indah.

5. Masjid Raya Al-Jabbar

Masjid ini dikenal juga sebagai masjid terapung karena berada di atas danau buatan. Masjid ini memiliki luas 10 hektar dan bisa menampung hingga 50 ribu jamaah. Masjid ini juga memiliki plaza, selasar, ruang shalat mezzanine, dan ruang shalat utama yang megah. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2017 dan selesai pada tahun 2020 dengan biaya sekitar 1 triliun rupiah.

6. Masjid Agung Trans Studio

Masjid ini berada di dalam kompleks Trans Studio Bandung, sebuah taman hiburan indoor terbesar di dunia. Masjid ini memiliki desain modern dan futuristik dengan warna putih dan biru. Masjid ini bisa menampung sekitar 5 ribu jamaah dan memiliki fasilitas seperti ruang wudhu, ruang khusus wanita, ruang kelas, dan perpustakaan. Masjid ini juga menyediakan layanan safari ramadhan, pesantren kilat, dan berbuka bersama.

7. Masjid Salman ITB

Masjid ini berada di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan salah satu masjid tertua di Bandung. Masjid ini dibangun pada tahun 1960 dengan gaya arsitektur Sunda yang khas. Masjid ini bisa menampung sekitar 3 ribu jamaah dan memiliki fasilitas seperti ruang serbaguna, ruang konsultasi, ruang perpustakaan, dan studio radio. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan dakwah, sosial, dan budaya di ITB.

8. Masjid Al-Ukhuwah

Masjid ini berada di Jl. Pajajaran No.219 A-B, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Masjid ini memiliki desain klasik dengan warna cokelat dan kuning. Masjid ini bisa menampung sekitar 1 ribu jamaah dan memiliki fasilitas seperti ruang wudhu, ruang khusus wanita, ruang kelas, dan kantin. Masjid ini juga mengadakan berbagai kegiatan seperti tadarus al-Quran, tausiyah, dan shalat tarawih.

Cara Pesan Tiket Kereta Jakarta ke Bandung dengan Traveloka

Berikut adalah cara pesan tiket kereta Jakarta ke Bandung di Traveloka:

  1. Buka aplikasi Traveloka Lifestyle SuperApp di ponsel Anda atau kunjungi situs web Traveloka di www.traveloka.com.
  2. Pilih menu Tiket Kereta Api dan masukkan asal, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
  3. Cari dan pilih kereta api yang sesuai dengan kebutuhan Anda dari daftar jadwal dan harga yang tersedia.
  4. Isi data penumpang dengan lengkap dan benar, termasuk nama, nomor identitas, nomor telepon, dan email.
  5. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti transfer bank, kartu kredit, e-wallet, atau minimarket.
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan sebelum batas waktu yang ditentukan.
  7. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima email konfirmasi dan kode booking tiket kereta Anda.
  8. Tukarkan kode booking dengan boarding pass di stasiun keberangkatan paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.
  9. Selamat menikmati perjalanan Anda dengan kereta api dari Jakarta ke Bandung!

Demikianlah cara pesan tiket kereta api Jakarta-Bandung yang mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat bepergian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *