Bagi kamu yang sangat menyukai traveling, artikel mengenai persiapan traveling ini akan sangat bermanfaat.

Banyaknya hal yang harus dipertimbangkan sebelum traveling, seperti tempat yang akan dikunjungi, menentukan waktu, dan budget traveling tentu membutuhkan persiapan agar traveling kamu berjalan sesuai rencana.

Selain itu, melakukan traveling setelah pandemi juga butuh persiapan khusus, seperti dokumen-dokumen yang harus diserahkan di negara tujuan, hingga bukti kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Persiapan Traveling yang Harus Diceklis

Rutinitas sehari-hari seperti bekerja ataupun mengurus rumah tangga memang terkadang melelahkan. Sebagai manusia normal, terkadang kita butuh waktu untuk untuk sekedar refreshing dari rutinitas tersebut.

Pilihan refreshing yang sering dilakukan oleh hampir sebagian orang adalah traveling ke kota atau negara lain.

Nah, berikut beberapa persiapan traveling yang harus diceklis buat kamu yang sibuk.

daftar ceklis persiapan traveling

1. Tentukan Destinasi yang Akan Kamu Tuju

Pilihan destinasi traveling memang banyak. Kamu harus menentukan kemana kamu hendak melakukan traveling.

Kamu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi yang akan kamu datangi dengan menelusuri pencarian Google atau bisa bergabung dengan grup traveling.

Pilihlah destinasi yang sesuai dengan kondisi dan budget yang kamu inginkan. Jika kamu menyukai makanan, mungkin kamu bisa mencari destinasi yang banyak menawarkan wisata kuliner, begitupun jika kamu menyukai shopping, kamu bisa memilih destinasi yang menyediakan banyak pusat perbelanjaan.

2. Tentukan Budget yang Akan Dihabiskan

Persiapan budget merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhitungkan sebelum melakukan traveling.

Kamu bisa memilah-milah kemana budget tersebut akan kamu gunakan. Budget harus disediakan untuk transportasi, akomodasi, makan, belanja, dan oleh-oleh yang akan dibawa pulang.

Persiapan budget transportasi meliputi tiket pesawat, mobil, atau pun kereta untuk traveling.
Akomodasi meliputi tempat penginapan atau hotel yang akan kamu tempati. Untuk budget belanja dan oleh-oleh bisa kamu jadikan satu sehingga kamu tidak terlalu pusing membaginya.

3. Asuransi Keterlambatan Penerbangan

Persiapan yang benar-benar tidak bisa kamu lewatkan adalah asuransi keterlambatan penerbangan. Jika kamu menggunakan jasa penerbangan ketika traveling, mempersiapkan asuransi penerbangan sangatlah penting.

Asuransi penerbangan ini sering tidak dipedulikan oleh banyak traveler karena memang jenis asuransi yang satu ini masih awam bagi banyak orang Indonesia.

Asuransi jenis ini akan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan yang kamu alami.

Ketika kamu hendak melakukan traveling, kamu pasti mengharapkan semuanya berjalan lancar dan menyenangkan. Tetapi tentunya kamu tidak bisa menghindari kejadian tak diharapkan yang mungkin saja terjadi di luar kendali kamu.

Seringnya terjadi keterlambatan pesawat merupakan salah satu kejadian yang sangat tidak mengenakkan bagi pelancong. Kamu yang sudah siap-siap untuk traveling tiba-tiba harus tertunda karena masalah keterlambatan penerbangan.

Dengan adanya asuransi ini, maka kerugian yang kamu alami akan diganti oleh pihak asuransi.

4. Persiapkan Dokumen Traveling

Ceklis persiapan traveling yang satu ini benar-benar penting. Karena tanpa dokumen yang lengkap, kamu tidak akan bisa melanjutkan traveling kamu.

Dokumen–dokumen penting yang harus masuk kamu ceklis untuk persiapan adalah tiket pesawat atau kereta, paspor dan visa jika kamu hendak traveling ke luar negeri.

Kamu bisa membeli sebuah dompet atau pouch yang bisa digunakan untuk menampung semua semua dokumen penting.

Karena kamu bepergian setelah masa pandemi, jangan lupa juga untuk mengecek dokumen-dokumen yang harus dibawa ke tempat tujuan, ya. Misalnya hasil PCR dan jika kamu pergi ke luar negeri kamu bisa menyiapkan bukti vaksinasi Covid-19.

5. Packing Pakaian, Obat-Obatan, Penunjang Traveling Lainnya

Kebanyakan dari kita melakukan packing sehari sebelum berangkat. Ini sangat berisiko jika kamu adalah orang yang sibuk dan juga pelupa.

Idealnya, persiapan seperti packing haruslah dilakukan setidaknya beberapa hari sebelum keberangkatan. Dengan melakukan persiapan di awal akan memberi kamu waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan hal lain.

Persiapan pakaian untuk traveling harus kamu sesuaikan dengan destinasi yang kamu tuju. Misalkan, kamu hendak traveling ke pantai, maka jangan lupa mempersiapkan outfit yang cocok dengan pantai.

Contoh lainnya jika kamu akan traveling ke tempat yang memiliki berbagai musim, persiapan pakaian juga harus kamu sesuaikan dengan musim ketika kamu traveling ke tempat tersebut.

Obat-obatan juga harus dibawa karena hal ini akan sangat membantu kamu jika mengalami sakit ataupun kelelahan dalam perjalanan.

6. Mempersiapkan Itinerary Perjalanan

Persiapan itinerary perjalanan sering disepelekan oleh banyak pelancong. Seyogyanya itinerary yang jelas akan membuat kamu bisa memaksimalkan waktu traveling dan memudahkan kamu dalam menghitung berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan supaya tidak over budget.

Dengan adanya itinerary yang sudah kamu buat, kamu akan lebih tenang karena tujuan kamu sudah jelas.

Kamu bisa merencanakan transportasi apa yang akan kamu gunakan selama traveling dan akan menginap dimana saja karena kamu sudah tahu akan kemana saja.

Baca Juga : 10 Persiapan Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa

Kenapa Persiapan Traveling Itu Penting?

Ketika kamu merencanakan traveling ke suatu tempat untuk liburan ataupun untuk hal lainnya, kamu pasti tidak ingin menghadapi masalah selama perjalanan.

Nah, ini lah beberapa alasan kenapa persiapan ketika hendak melakukan traveling itu penting.

1. Menghindarkan Kamu dari Rasa Was-Was

Walaupun melakukan persiapan untuk traveling terkesan merepotkan, tetapi ini akan terasa manfaatnya ketika kamu sedang melakukan traveling. Kamu tidak akan merasa was-was akan ketinggalan barang, dokumen, ataupun masalah lainnya.

Tentu tidak akan terasa nyaman ketika anda yang seharusnya bersenang–senang menikmati waktu traveling, harus menghadapi masalah yang harusnya bisa teratasi dengan persiapan traveling yang matang.

2. Membuat Perjalanan Terasa Lebih Nyaman dan Terkendali

Dengan persiapan yang matang sebelum melakukan traveling akan membuat kamu merasa tenang sehingga perjalanan yang kamu lakukan bisa kamu nikmati dengan maksimal tanpa harus memikirkan hal-hal yang menghambat rencana traveling kamu.

Demikian persiapan traveling yang mesti kamu ceklis untuk membuat rencana travelingmu berjalan lancar dan menyenangkan.

Tentunya artikel mengenai persiapan traveling ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang hendak melakukan traveling.

Cek informasi terkait asuransi perjalanan lainnya di https://simasinsurtech.com/. Tidak ada ruginya kok membeli asuransi sebelum traveling karena bisa melindungi finansial kamu dari risiko kerugian yang tak terduga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.